Humas  

Pengertian Press Release dan Cara Membuatnya

Komunikasi Praktis
Pengertian Press Release dan Cara Membuatnya

Di postingan sebelumnya sudah dibahas cara menulis press release atau rilis pers. Tapi, apa pengertian press release sebenarnya dan bagaimana cara menulis rilis berita yang bagus?

Berikut ini ulasan ringkas tentang pengertian press release atau siaran pers dan tips membuatnya dari BBC. Membuat rilis adalah salah satu tugas pokok humas atau keterampilan utama praktisi PR –sebagaimana keahlian utama wartawan yaitu menulis berita.

Pengertian Press Release

Press release disebut juga rilis pers, siaran pers, atau rilis berita. Siaran pers merupakan berita yang dibuat humas untuk dipublikasikan di media massa atau media pers.

Siaran pers atau press release adalah komunikasi, pengumuman suatu berita kepada masyarakat yang sengaja dikirimkan kepada wartawan atau penerbit media dengan harapan mereka akan mempublikasikan berita yang terkandung di dalamnya.

Press release dapat berasal dari organisasi seperti bisnis atau amal atau dari orang-orang seperti politisi atau selebritas.

Siaran pers biasanya ditulis oleh petugas pers yang bekerja di industri komunikasi atau hubungan masyarakat (PR).

Seringkali, tujuan press release adalah untuk menyampaikan pesan klien mereka atau untuk melindungi reputasi mereka. Sama halnya, mereka mungkin ingin mempromosikan produk atau meningkatkan kesadaran tentang suatu masalah.

Siaran pers lebih pendek dari berita, sering kali mengambil setengah halaman, atau sekitar 120 kata.

Beberapa press release memiliki embargo, artinya isi siaran pers tidak boleh dipublikasikan sebelum tanggal dan waktu tertentu. Misalnya, seorang politisi dapat mengirimkan siaran pers yang berisi pidato yang akan mereka buat sehingga surat kabar dapat melaporkannya terlebih dahulu.

Jika Anda seorang petugas pers

Tugas Anda adalah mengomunikasikan pesan dengan cara yang paling jelas. Anda mencoba membujuk wartawan untuk melaporkan informasi tertentu, jadi buatlah menarik – cocok untuk artikel berita.

Salah satu hal terpenting adalah menyesuaikan siaran pers Anda dengan target audiens yang dituju.

Jadi, jika Anda mengirimnya ke surat kabar lokal yang berbasis di kota tertentu, pastikan itu relevan dengan pembaca yang tinggal di kota itu. 

Jika Anda mengirimnya ke surat kabar nasional, itu harus memiliki signifikansi nasional.

Sertakan informasi yang paling layak diberitakan dan penting di bagian atas siaran pers Anda

Bertujuan untuk menarik perhatian pembaca.

Hindari jargon, bahasa teknis, dan akronim – semua orang di perusahaan Anda mungkin tahu apa arti istilah tersebut, tetapi masyarakat umum (atau jurnalis) mungkin tidak.

Tanyakan pada diri Anda sendiri: apakah ini masuk akal bagi seseorang yang tidak tahu apa-apa tentang cerita sebelumnya? Pastikan Anda memasukkan semua detail penting yang perlu diketahui jurnalis.

Jika Anda seorang reporter

Selalu ambil siaran pers sebagai titik awal sebuah berita – jangan hanya menulis ulang sebagai berita. 

Ingat, ini mungkin sepihak atau bias dan sumber lebih lanjut akan diperlukan untuk menghasilkan berita yang seimbang dan akurat. Tanyakan pada diri Anda informasi apa yang mungkin hilang

Itu dia press release dan cara membuatnya. Tenis penulisan press release intinya sama dengan cara menulis berita.*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *