SEO untuk Wartawan Media Online

Komunikasi Praktis
SEO Wartawan Media Online
SEO for News Site (Image Source & Tips)

SEO menjadi salah satu skills wartawan media online. Berikut ini SEO untuk Jurnalis berupa 15 aturan pengoptimalan yang harus diikuti.

Media konvensional (cetak dan penyiaran radio-televisi) hanya ditujukan untuk satu audiens, yaitu manusia (pembaca/pendengar/pemirsa). 

Media baru era internet, yakni website berita atau media online, memiliki audiens tambahan, yaitu mesin pencari, terutama Google, Bing, Yahoo. Jadi, media online memiliki dua audiens: manusia dan mesin.

Karenanya, wartawan media online dituntut memahami dan menerapkan pengoptimalan mesin pencari yang disebut SEO (Seach Engine Optimization).

Secara praktis, SEO adalah pengoptimalan berita atau artikel agar mudah dirambah, diindeks, dan mendapat peringkat teratas di halaman hasil pencarian (SERP). 

Penerapan SEO diperlukan agar berita yang dibuat mampu bersaing dengan berita lain di mesin pencari. Pasalnya, sumber utama trafik atau pembaca (pengunjung) website adalah situs mesin pencari, khususnya Google.

SEO untuk Wartawan Media Online

Dengan meningkatnya jumlah konten segar di web, produser berita dan jurnalis terus berjuang untuk mempertahankan audiens target mereka.

Media konvensional seperti surat kabar menghadapi pukulan terbesar karena orang-orang beralih ke media baru yang mengandalkan berita dan video online.

Satu-satunya cara untuk mempertahankan bisnis berita hari ini adalah dengan menciptakan kehadiran online yang kuat, yang hanya mungkin dilakukan dengan menerapkan strategi SEO yang tepat untuk situs web berita.

Saat ini, sangat umum untuk melihat berita terkini ditampilkan di media sosial terlebih dahulu dan kemudian dipublikasikan di portal berita.

Orang mencari berita online dan dengan demikian miliaran pencarian terjadi setiap hari. Wartawan modern dan rumah media harus bekerja ekstra untuk membuat berita mereka menjangkau khalayak dalam jumlah besar dan karenanya, ada minat yang tumbuh di antara jurnalis dan orang media lainnya untuk belajar SEO.

Jika situs web berita Anda kesulitan menampilkan beritanya secara online, berikut adalah beberapa di antaranya:

Strategi SEO untuk Membantu Website Jurnalis

1. Ditampilkan di Top Stories Google

Pernahkah Anda melihat cuplikan yang muncul di bagian atas hasil pencarian saat Anda mencari sesuatu secara online? 

Menurut laporan Hubspot, konten yang muncul di cuplikan unggulan mendapatkan rasio klik-tayang (RKT) 2x lebih banyak daripada yang lain.

RKPT yang lebih tinggi juga berarti lalu lintas organik yang lebih tinggi. Cuplikan fitur muncul sejak 2014. Ini juga dikenal sebagai ‘Kotak Jawaban’ atau ‘Posisi 0’ karena muncul di bagian atas hasil mesin telusur dan biasanya menampilkan ringkasan jawaban atas pertanyaan Anda. 

Cara terbaik untuk membuat situs web berita Anda muncul di cuplikan unggulan hasil mesin telusur Google adalah dengan menargetkan kata kunci berbasis pertanyaan, bukan kata kunci umum atau “ekor panjang” (long tail keyword).

Fokus pada penulisan berita yang dimulai dengan pertanyaan seperti:

  • Bagaimana caranya?
  • Mengapa?
  • Di mana?
  • Kapan harus?
  • Yang mana?

Cara lain di mana Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk ditampilkan di Posisi “0” adalah dengan melihat istilah pencarian yang digunakan orang saat mencari berita terkini.

Umumnya, saat Anda mengetik istilah penelusuran, istilah penelusuran terkait juga akan muncul di bawahnya dalam kueri penelusuran. Ini akan memberi Anda gambaran tentang cara mengoptimalkan berita Anda untuk visibilitas maksimum. 


2. Kirim Situs Web Anda Untuk Pusat Penerbitan Berita Google

Google News adalah bagian dari mesin pencari Google yang menyaring ribuan situs berita dan menampilkan berita yang layak diberitakan kepada pengguna.

Google selanjutnya memisahkan mereka berdasarkan preferensi dan minat pengguna. Anda dapat menemukan Google Berita atau Google News.

Di bagian Google News, pengguna dapat mengurutkan berita berdasarkan kategori. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menandai kategori yang tepat untuk berita yang Anda terbitkan guna meningkatkan peluangnya untuk ditampilkan.

Saat Anda mengklik bilah pencarian, Anda dapat melihat daftar topik ‘Topik Unggulan’ dan ‘Berita’ yang menyarankan kata kunci yang layak diberitakan.

SEO untuk Media – Topik Unggulan Google

Agar situs web berita Anda muncul di Situs Web Penerbitan Berita Google, Anda harus mengajukan permintaan online, kemudian menggunakan konsol pencarian untuk memverifikasi kepemilikan situs web berita Anda dan memasukkan semua detail seperti URL dan label rubrik berita sebelum mengirimkan untuk sebuah ulasan.

Jika Google menerima aplikasi Anda, Anda akan menemukan situs web Anda sebagai “disertakan” di bawah bagian Google Berita.

Pada tahun 2016, Google mengganti bagian ‘In the News’ dengan ‘Google Top Stories’ yang mulai menampilkan berita terbaru hari itu dalam format gaya kartu.

Google Top Stories diberdayakan oleh hasil pencarian Google, yang berarti ada persaingan yang relatif lebih tinggi di antara situs web untuk menentukan peringkat bagian Google Berita tersebut.

SEO untuk berita

Untuk meningkatkan peluang berita Anda muncul di bagian ‘Dalam Berita’ Google, Anda harus memiliki strategi SEO untuk jurnalis yang jelas untuk situs web berita Anda. Anda juga perlu memastikan bahwa liputan berita Anda tepat waktu dan benar secara faktual.

3. Bereksperimen dengan Format ‘Cerita’ AMP

Google sekarang memiliki bagian khusus untuk menampilkan berita AMP atau Accelerated Mobile Pages yang mirip dengan kisah Instagram dan kisah Facebook yang diceritakan melalui banyak kartu dan dilengkapi dengan antarmuka yang mudah diketuk.

Berita AMP menggabungkan video, teks, dan gambar dan dibuat di atas kerangka kerja AMP. Cerita AMP dapat disematkan di berbagai situs dan aplikasi, dan lebih efektif dalam melibatkan pengguna daripada berita biasa.

Cerita AMP dihosting di situs web penerbit, yang berarti cerita tersebut tidak hilang setelah 24 jam seperti cerita media sosial.

Biasanya, penyimpanan AMPies berisi lebih sedikit konten dan lebih banyak gambar dan video, yang bila diklik, dapat meluas ke satu halaman penuh berita unggulan.

Anda harus fokus membuat cerita AMP untuk situs web berita Anda karena artikel tersebut dioptimalkan untuk pengguna seluler, memiliki waktu pemuatan yang lebih cepat, menarik, dan dapat dibagikan dengan mudah di berbagai platform.


4. Kerjakan Struktur Situs Web Anda

Anda harus fokus pada struktur situs web berita yang tepat jika Anda ingin peringkatnya di mesin pencari. Kategorikan rubrik berita Anda dengan cermat, sehingga memudahkan orang menemukan berita yang ingin mereka baca. 

Saat Anda memulai situs web berita baru, Anda ingin Google mengindeksnya paling awal.

Untuk ini, Anda perlu mengoptimalkan kecepatan situs Anda dan bekerja pada peta situs XML. Ketika datang ke peta situs situs berita, Anda perlu mengingat beberapa hal.

  • Peta situs Anda seharusnya hanya berisi berita dari 48 jam terakhir
  • Peta situs Anda harus selalu diperbarui saat berita baru diterbitkan
  • Anda tidak boleh membuat peta situs baru untuk setiap artikel; alih-alih Anda harus memperbarui yang sudah ada

Saat Anda memposting konten reguler, kecepatan perayapan situs Anda akan meningkat. Karena bot Google mendeteksi elemen baru di situs web Anda setiap kali dirayapi, bot akan terus kembali lagi, jadi optimalkan konten Anda sedemikian rupa sehingga tidak ada halaman yang tidak diinginkan di situs web Anda yang menunjukkan kecepatan perayapan.


5. Buat Konten Berharga

Elemen penting SEO bagi seorang jurnalis adalah membuat konten asli yang relevan dan memiliki halaman kategori untuk setiap jenis berita. 

Sebagai situs web berita, keaslian Anda sangat penting. Anda harus berhati-hati tentang apa yang Anda publikasikan di situs web.

Judul konten Anda tidak boleh menyesatkan atau menyinggung. Isi konten Anda harus benar secara faktual dan berisi informasi mendetail.

Sebagian besar waktu, potongan baru memiliki rentang hidup yang pendek, yang berarti mereka berhenti mendapatkan lalu lintas seiring waktu. 

Pemasaran konten (content marketing) adalah proses yang selalu hijau, Anda dapat menjaga lalu lintas online mengalir ke situs web Anda, bahkan ketika informasinya sedikit ketinggalan zaman.

Anda dapat membuat konten situs web Anda selalu hijau dengan mengoptimalkannya dengan kata kunci yang relevan, menautkannya ke cerita yang baru diterbitkan atau berita yang sedang tren, atau mengarahkan konten ke berita yang lebih baru dan lebih relevan.

Jika menurut Anda konten lama Anda tidak dapat diperbaiki menggunakan semua teknik di atas, Anda dapat mencoba menyegarkannya dengan menambahkan lebih banyak informasi, gambar baru, dan video.

Saat Anda menulis berita, jangan menggunakan kalimat yang panjang dan membosankan, cobalah untuk memberikan informasi dalam poin-poin, dan gunakan subjudul untuk bagian yang berbeda. 

Selain itu, hindari memublikasikan konten yang tidak relevan atau informasi duplikat yang dapat menyebabkan Google menghapus situs Anda.

Dalam jurnalisme, berita selalu mengikuti struktur piramida terbalik yang berarti bahwa informasi penting berada di atas diikuti oleh yang kurang penting di bagian bawah berita, tetapi dengan gaya dan teknik penulisan konten baru, jangan ragu untuk mencoba yang lain. gaya penulisan juga.

Ini adalah sesuatu yang perlu Anda pertimbangkan ketika melakukan SEO untuk jurnalis.


6. Dapatkan Optimasi On-Page Anda On-Point

Membuat konten yang bagus dan mengoptimalkannya dengan kata kunci yang tepat tidak menjamin visibilitas yang tinggi. 

Anda perlu memastikan bahwa optimasi SEO pada halaman Anda dilakukan dengan benar juga. Elemen paling penting dari optimasi SEO on-page meliputi:


a. Berita Utama (Headline)

Penulisan judul adalah faktor penting yang menentukan keterlibatan. Judul harus jelas, ringkas, dan mendorong audiens untuk mengklik.

Judul Anda harus berisi kata kunci yang relevan yang akan membantunya mendapat peringkat di mesin pencari dan harus ditulis dengan cara yang menarik minat audiens untuk membaca lebih lanjut.

Cobalah untuk memasukkan kata kunci yang sedang tren di awal judul Anda daripada menempatkannya di akhir.


b. URL

Hindari menggunakan URL yang panjang; tetap singkat dan lugas. Hindari menggunakan kata penghubung seperti ‘dan,’ ‘atau.’ dll. di URL konten Anda dan pastikan untuk membuat URL terlihat relevan dengan berita.


c. Meta Judul & Deskripsi

Judul dan deskripsi meta muncul di halaman hasil mesin pencari ketika seseorang memasukkan kueri tertentu. Judul meta harus kurang dari 60 karakter, dan deskripsi meta tidak boleh lebih dari 156 karakter.

Judul meta dan deskripsi harus dapat menggambarkan tentang halaman web Anda dan harus berisi kata kunci fokus yang relevan, kata kunci LSI, dan kata kunci sekunder.


d. Gambar dan Teks Alt

Saat Anda menambahkan gambar ke situs web berita Anda, jangan lupa untuk memberi kredit kepada fotografer Anda dan menambahkan tag alt untuk gambar tersebut. Teks alternatif digunakan untuk mendeskripsikan gambar, dan teks tersebut penting untuk pengoptimalan gambar di berbagai situs web.

Karena Google tidak dapat mendeteksi gambar, mereka mempertimbangkan teks alternatif yang ditambahkan ke gambar untuk mengidentifikasinya, jadi pastikan untuk memberi nama gambar Anda dengan benar. Jangan beri nama gambar Anda sebagai ‘IMG001,’ ‘IMG002,’ dll.


e. Penandaan (Tag) dan Kategori

Untuk situs web berita Anda, Anda harus menambahkan konten Anda ke dalam kategori dan tag yang tepat untuk memisahkannya dengan benar. Ini juga akan membantu Google mendeteksi berita yang tepat dari apprkategori oprat.


7. Manfaatkan Media Sosial

Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan lalu lintas situs web Anda dengan cepat, gabungkan SEO dan SMO. Buat profil media sosial dan bagikan berita dan konten terbaru Anda di sana.

Media sosial dapat membantu Anda berinteraksi dengan audiens dan memahami apa yang ingin dilihat pembaca di situs web berita Anda.

Sebagai seorang jurnalis, berita Anda harus dapat mempengaruhi dan mendidik audiens Anda. Media sosial juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness dan reputasi brand. 

Jika Anda memiliki situs web WordPress, Anda dapat mengaktifkan berbagi sosial dengan mudah menggunakan plugin gratis. Ini akan memungkinkan orang untuk berbagi konten Anda dengan teman dan keluarga mereka di berbagai platform.


Sharing atau membagikan berita ke media sosial adalah bagian penting dari strategi SEO untuk jurnalis. Media sosial telah merevolusi cara orang membaca berita hari ini. Kecuali Anda menggunakan saluran ini untuk menjangkau audiens Anda, Anda tidak akan dapat memaksimalkan jangkauan Anda.


8. Jadikan Situs Web Anda Ramah Seluler

Menurut Statista, pada tahun 2018, lebih dari 50% dari semua situs web yang ada di web dioptimalkan untuk pengguna seluler (mobile-friendly).

Kecuali jika situs web berita Anda ramah seluler, Anda akan kehilangan lalu lintas maksimum yang datang ke situs Anda. Diberikan di bawah ini adalah persentase dari semua halaman web global yang disajikan ke ponsel dari 2009 hingga 2018

Saat Anda mengoptimalkan situs web yang mobile-friendly, Anda harus memastikan bahwa situs seluler tersebut responsif, memiliki kecepatan halaman yang tinggi dan mendukung CSS, Javascript, gambar, dan video. Anda juga harus berhati-hati agar tidak ada lebih dari satu pop-up di situs web Anda atau mungkin mengganggu pengguna.

Anda juga dapat melanjutkan dan membuat URL seluler khusus yang sejajar dengan URL situs web Anda dengan menggunakan subdomain ‘m’. Dengan cara ini, Anda dapat membuat konten yang sepenuhnya disesuaikan untuk pengguna yang mengunjungi situs seluler Anda.


9. Menghasilkan Lebih dari Cerita Berita

Sebagai seorang jurnalis, Anda harus terus-menerus memodifikasi dan menambahkan fitur baru ke konten Anda agar menarik bagi pembaca Anda.

Selain memproduksi berita tertulis, Anda juga dapat fokus pada ide konten modern seperti vlog, podcast, dan wawancara langsung untuk menghadirkan konten segar kepada pembaca.

Rumah media dan jurnalis tidak bisa lagi mengharapkan orang untuk menemukan situs web mereka dan mendapatkan lalu lintas langsung; sebagai gantinya, mereka perlu mengerjakan berbagai strategi SEO untuk jurnalis untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka.

Ini adalah proses yang konstan dan membutuhkan dedikasi dan kerja keras.


10. Ukur Upaya SEO Anda

Terakhir, penting untuk mengukur SEO Anda untuk upaya jurnalis dari waktu ke waktu menggunakan alat analitik online seperti Google Analytics.

Analytics akan membantu Anda memahami strategi SEO dan konten mana yang memberi Anda hasil maksimal sehingga Anda dapat mengubah upaya Anda sesuai dengan itu.

Anda harus menggunakan berbagai KPI (Key Performance Indicators) untuk mengukur efektivitas berbagai teknik SEO. Berikut adalah 6 KPI yang dapat membantu jurnalis mengukur keberhasilan strategi SEO mereka.


11. Lalu Lintas Penelusuran Organik

Lalu lintas pencarian organik memberi Anda jumlah orang yang mengunjungi situs web Anda melalui hasil mesin pencari organik. Hasil pencarian organik muncul secara alami di mesin pencari tanpa perlu melakukan penempatan iklan dengan istilah pencarian.


12. Peringkat Kata Kunci

Peringkat kata kunci membantu Anda menentukan peringkat situs web Anda untuk istilah pencarian tertentu. Semakin rendah peringkatnya, semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci tertentu. Oleh karena itu, penelitian kata kunci itu penting.


13. Berbagi Sosial

Berbagi sosial membantu Anda menentukan berapa kali konten Anda dibagikan di berbagai platform media sosial.


Social share merupakan faktor penting SEO bagi jurnalis yang mempengaruhi peningkatan trafik ke website Anda.


14. Tingkat Konversi

Konversi terjadi ketika lalu lintas yang mengunjungi situs web Anda dikonversi menjadi prospek yang berhasil dengan melakukan tindakan tertentu yang Anda tuju.

Jadi, misalnya, jika Anda seorang jurnalis dan Anda memiliki portal berita, Anda mungkin ingin pembaca Anda berlangganan buletin Anda. Ketika seseorang datang ke situs web Anda bertindak sesuai, mereka dikonversi menjadi prospek yang sukses.


15. Tautan Balik

Tautan balik (backlink) adalah bagian penting dari SEO bagi jurnalis untuk meningkatkan otoritas domain Anda. Tautan balik adalah tautan masuk yang datang ke situs web Anda dari situs web lain.

Ketika situs web berita lain menyebutkan nama situs web Anda di berita mereka atau situs web rahasia menautkan bisnis Anda ke direktori mereka, Anda mendapatkan tautan masuk ke situs web Anda.

Tautan balik membantu meningkatkan visibilitas Anda dan mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dari berbagai sumber.

Jurnalisme tidak lagi sebatas meliput berita terkini dan mempublikasikannya secara online. Media arus utama sekarang memadukan dirinya dengan media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan menyampaikan berita lebih cepat dan lebih efektif.

Pastikan untukAnda menerapkan teknik SEO terbaik untuk situs web berita Anda dan tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan pemberitaan media online. (Source)

Response (1)

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *