Tips SEO: 13 Faktor Peringkat Website di Mesin Pencari Google

Komunikasi Praktis
Tips SEO: 13 Faktor Peringkat Website di Mesin Pencari Google

Praktisi apalagi pakar SEO pasti sudah mengetahui daftar 200 faktor peringkat Google dari Backlinko. 

Namun, masih menurut Backlinko juga, Anda tidak harus menguasai semuanya. Ada ringkasannya menjadi 13 faktor peringkat website di mesin pencari Google.

“Untungnya, Anda tidak perlu menguasai semua 200 untuk berhasil dengan SEO,” tulis Backlinko dalam postingan “13 Faktor Peringkat Mesin Pencari”.
“Faktanya, Anda lebih baik mempelajari sekumpulan kecil faktor peringkat yang memiliki dampak terbesar.” 
Ringkasannya, pengoptimalan konten dan backlik tetap menjadi faktor peringkat utama. Konten adalah raja dan akan selalu begitu!

13 Faktor Peringkat Mesin Pencari

Berikut adalah sinyal peringkat terpenting dalam algoritme Google saat ini (2022) versi Backlinko.

1. Kualitas Konten

Konten berkualitas adalah faktor peringkat utama yang menentukan website atau blog ada di peringkat atas Google.
Anda dapat memiliki situs web yang dioptimalkan dengan sempurna untuk SEO. Tetapi, jika konten Anda jelek, itu tidak akan diberi peringkat.
Pertanyaannya, ketika berbicara tentang SEO, seperti apa “konten berkualitas” itu? 
Jawabannya: 
Menyeluruh! 
Komprehensif, lengkap, detail jika perlu. Google menginginkan konten yang sepenuhnya menjawab permintaan seseorang. Jadi, pastikan konten Anda menyeluruh dan lengkap.
Berguna
Apakah konten Anda memenuhi keinginan pengguna saat mereka memutuskan untuk melakukan penelusuran Google?
Misalnya, Anda mencari “latihan Crossfit”. Posting yang mencantumkan 17 latihan Crossfit JAUH lebih bermanfaat daripada opini tentang mengapa latihan Crossfit bagus untuk menurunkan berat badan.
Jadikan konten Anda bermanfaat
Jadi pastikan konten Anda sangat berguna.
Tersusun
Terakhir, konten ramah SEO sangat terstruktur.
Mengapa ini penting?
Pertama, konten yang terstruktur dengan baik mudah dibaca. Artinya, pengguna bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka lebih cepat.
Kedua, mengatur konten Anda ke dalam beberapa bagian membantu Google memahami isi konten Anda.
Konten yang terstruktur dengan baik memiliki peringkat lebih tinggi. Jadi, pastikan konten Anda terstruktur dan terorganisir dengan baik.

2. Keunikan Konten

Memiliki konten yang menyeluruh, bermanfaat, dan terstruktur adalah satu hal. Tetapi, jika memuntahkan informasi yang sudah ada di luar sana, mungkin peringkatnya tidak akan baik.
(Lagipula, Google sudah memiliki konten dengan informasi yang sama dalam indeksnya. Mengapa mereka memberi peringkat Anda di atasnya?)
Itu sebabnya konten Anda harus berbeda atau lebih baik dari konten di halaman 1. Ketika Anda melakukan itu, Anda akan memiliki kaki BESAR dalam persaingan.

3. Halaman Web yang Dapat Dirayapi Sepenuhnya

Jika Anda ingin memberi peringkat, SANGAT penting agar mesin telusur dapat sepenuhnya merayapi dan mengindeks konten di halaman Anda.
Jika mesin pencari diblokir dari mengakses halaman (misalnya, dari Robots.txt), mereka tidak akan mengindeks halaman sama sekali.
Dan jika mereka tidak dapat mengakses bagian tertentu dari halaman Anda, itu juga akan merusak visibilitas web Anda di mesin telusur.
Aksesibilitas yang buruk menurunkan visibilitas. Anda dapat dengan mudah memeriksa apakah halaman Anda dapat diakses sepenuhnya oleh mesin telusur menggunakan fitur “Inspeksi URL” di Google Search Console.

4. Situs yang Dioptimalkan untuk Seluler

Sirus web Anda harus ramah seluler (mobile-friendly). Mudah diakses pakai HP. Google telah mengatakan bahwa:
“Halaman seluler yang memberikan pengalaman pencari yang buruk dapat diturunkan peringkatnya atau ditampilkan dengan peringatan di hasil penelusuran seluler.”
Untuk mendapatkan peringkat pada tahun 2020, situs Anda HARUS berfungsi dengan baik di perangkat apa pun (Desktop, ponsel, tablet, dan TV)
Untungnya, Google telah membuat alat gratis yang bagus yang disebut “Tes Ramah Seluler“. Ini memberi tahu Anda apakah halaman Anda dioptimalkan untuk seluler atau tidak… dengan rekomendasi khusus untuk memperbaikinya.

5. Jumlah Backlink

Backlink seperti suara dari situs web lain. Mesin pencari seperti Bing dan Google mengukur suara ini. Dan mereka menggunakannya untuk mencari tahu halaman mana yang layak mendapat peringkat 10 besar.
Semakin banyak backlink yang didapat halaman, semakin baik peringkatnya di mesin pencari. Konten berkualitas biasanya mendatangkan backlink alami. Namun, ada banyak cara mendapatkan backlink.

6. Otoritas Domain

Tautan (link) yang menunjuk langsung ke suatu halaman akan membantu peringkat halaman itu lebih baik. Tetapi tautan ini juga membantu meningkatkan Otoritas Domain (Domain Authority/DA) situs web Anda secara keseluruhan, yang merupakan otoritas situs Anda secara keseluruhan.
Semakin tinggi Otoritas Domain Anda, semakin baik peringkat semua halaman di situs Anda. Cara terbaik untuk meningkatkan Otoritas Domain Anda adalah dengan membuat situs yang mengagumkan.
Melakukan update konten secara rutin, lalu membagikannya di media sosial, juga menjadi cara meningkatkan nilai DA. Google suka konten yang segar dan terbaru.

7. Teks Jangkar

Google menggunakan teks jangkar (anchor text) untuk mencari tahu tentang apa halaman itu. Misalnya, seseorang baru-baru ini menautkan ke situs saya dengan teks jangkar: “backlink”.
Teks jangkar ini memberi tahu Google: “Orang lain menautkan ke halaman ini dengan teks jangkar ‘backlink’. Halaman ini harus tentang backlink.”

8. Kecepatan Loading Situs Web

Selain harus mobile-friendly, faktor peringkat web di Google lainnya adalah kecepatan tampil. Fast laoading!
Kecepatan memuat situs Anda adalah faktor peringkat yang SANGAT penting. (Terutama seberapa cepat halaman Anda dimuat di perangkat seluler)
Faktanya, Google bahkan telah keluar dan mengatakan bahwa “kecepatan halaman adalah faktor peringkat untuk pencarian seluler.”

9. Penggunaan Kata Kunci

Jika Anda ingin memberi peringkat untuk kata kunci (keywords), Anda perlu menggunakan kata kunci itu di halaman Anda.
Jika tidak, Google tidak akan tahu bahwa halaman Anda tentang kata kunci itu. Misalnya, inilah halaman di situs saya yang dioptimalkan untuk “membangun tautan”
Seperti yang Anda lihat, saya menggunakan kata kunci “membangun tautan”, beberapa kali dalam konten saya.
(Saya juga harus menunjukkan bahwa saya tidak berlebihan dan menggunakan kekata 100 kali. Itu disebut “isian kata kunci”, yang dapat merugikan upaya SEO Anda).
Hal lain yang perlu diingat: Anda tidak perlu menggunakan kata kunci yang tepat setiap saat. Nyatanya, memasukkan variasi kata kunci utama Anda ke dalam konten adalah hal yang cerdas.
Misalnya, jika kata kunci Anda adalah “Makanan Penutup Paleo”, Anda juga ingin menggunakan istilah seperti “Makanan Penutup Diet Paleo” dan “Kue Paleo”:

10. Google RankBrain

RankBrain adalah bagian kecerdasan buatan (AI) dari algoritme Google. Seberapa pentingkah RankBrain?
Google telah mengkonfirmasi bahwa RankBrain adalah salah satu dari faktor peringkat “3 teratas” mereka. 
Tugas utama RankBrain adalah mencari tahu apa yang diinginkan oleh pencari… dan memberikan hasil terbaik untuk pencarian tersebut.
Karena RankBrain adalah algoritme pembelajaran mesin, ini terus berubah. Yang membuatnya sulit untuk dioptimalkan.
Cara terbaik untuk “mengoptimalkan” RankBrain adalah dengan membuat konten keren yang membuat para pencari senang.

11. Pencarian Intent Match

Apakah konten Anda sesuai dengan yang diinginkan oleh pencari pada saat tertentu? Jika demikian, Anda akan menemukan diri Anda dengan peningkatan peringkat besar-besaran.
Itu karena Google mencoba menurunkan faktor peringkat tradisional (seperti kata kunci dan tautan) demi faktor peringkat yang menjawab pertanyaan: “Apakah konten ini memberikan apa yang dicari oleh pencari?”.
Faktanya, Google mempekerjakan ribuan “Penilai Kualitas” untuk mengukur seberapa baik hasil pencarian memuaskan maksud pencarian.
Katakanlah Anda baru saja melakukan penelusuran untuk “membangun tautan”. Google memonitor secara ketat bagaimana Anda berinteraksi dengan hasil pencarian.
Misalnya, jika Anda mengeklik dari hasil pertama — dan dengan cepat memantul kembali ke hasil penelusuran — itu pertanda kuat bahwa hasil tersebut tidak membuat Anda bahagia.
Tetapi jika Anda mengklik hasil dan mendapatkan apa yang Anda cari, Google akan mendorong hasil itu ke atas.

12. Kesegaran Konten

Google TIDAK ingin memeringkat hal-hal yang ketinggalan zaman. Itu sebabnya Anda mungkin memperhatikan bahwa konten baru mendapatkan peningkatan peringkat sementara.
Yang mengatakan, “Kesegaran” masih penting beberapa minggu atau bulan setelah konten Anda ditayangkan.
Secara khusus, Google ingin melihat bahwa konten Anda masih relevan dan terkini. Misalnya, Anda baru saja menerbitkan panduan pembelian iPhone besar-besaran.
Yah, kecuali jika Anda memperbarui konten itu secara teratur, konten itu akan BENAR-BENAR kedaluwarsa dengan cepat.
Google mengukur kesegaran secara langsung (mereka memeriksa apakah konten telah diperbarui sejak Anda memublikasikannya… dan seberapa sering.)
Tetapi mereka juga menggunakan Sinyal Pengalaman Pengguna untuk melihat apakah orang-orang mulai berinteraksi dengan konten Anda secara berbeda (misalnya, mereka melihat orang-orang mulai melompat dari halaman segera).
Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memperbarui konten Anda secara teratur agar tetap segar. Misalnya, saya memperbarui hampir setiap halaman di situs saya setidaknya setahun sekali.
Tetapi bahkan jika Anda tidak berada dalam industri yang cepat berubah seperti SEO, saya tetap menyarankan memperbarui konten Anda setahun sekali agar tetap segar di mata Google (dan pengguna).

13. E-A-T

EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness. Pedoman Kualitas Pencarian terbaru Google menyatakan: 
“… jumlah keahlian, otoritas, dan kepercayaan (E-A-T) sangat penting”. Ini tentang kualitas halaman web.
Google ingin mempromosikan konten yang ditulis oleh pakar resmi tentang topik tersebut. Berikut adalah 3 kiat cepat untuk membantu Anda mengoptimalkan E-A-T.
  • Identifikasi Penulis
  • Permudah Google untuk mengetahui siapa yang menulis konten tertentu.
  • Dan jika memungkinkan, rekrut atau bekerjalah dengan pakar yang sangat dihormati di bidang Anda.
Jadilah Transparan
Pastikan pengguna dapat dengan mudah menghubungi Anda (menggunakan formulir kontak atau alamat email).
Masalah Reputasi
Penilai kualitas Google diinstruksikan untuk melihat reputasi situs di luar situs. Penilai Mutu Google melihat reputasi situs di luar situs
Mereka memantau apa yang dikatakan orang online tentang situs Anda. Dan jika situs Anda memiliki reputasi untuk menerbitkan konten yang bermanfaat dan tepercaya, itu akan sangat membantu peringkat Anda.
Demikian Tips SEO berupa 13 Faktor Peringkat Website di Mesin Pencari Google. Anda bisa mengikuti pelatihan Manajemen Website untuk melatih penerapannya.*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *