9 Tips SEO Terbaru Paling Efektif Meningkatkan Pengunjung Website atau Blog

Komunikasi Praktis
9 Tips SEO Terbaru Paling Efektif

Search Engine Optimization (SEO) merupakan kunci sukses website atau blog. Berikut ini 10 tips SEO paling efektif  untuk meningkatkan pengunjung web/blog.

SEO atau pengoptimalan mesin telusur juga bagian dari strategi digital marketing. Penyampaian pesan atau komunikasi online akan efektif dan menjangkau audiens luas dengan penerapan SEO.
Konten web atau postingan blog tanpa SEO akan sulit bersaing dan menembus halaman #1 hasil pencarian Google.

9 Tips SEO Paling Efektif

Tips SEO berikut ini disadur dari Setupad. Karena untuk pemula, ada tips yang tidak disertakan dan diganti dengan tips SEO lainnya yang mudah dipraktikkan pemula.

1. Fokus pada UX

Google meluncurkan pembaruan peringkat resmi baru Core Web Vitals pada Juni 2021. Biasanya, pembaruan inti Google adalah tentang konten. Namun, kali ini semua tentang pengalaman pengguna atau User Experience (UX).

Data Web Inti adalah sinyal pengalaman halaman yang mengukur UX untuk situs web Anda dengan melihat 3 hal utama:

  1. Kecepatan loading web;
  2. Stabilitas;
  3. Interaktif dan responsif.

Mengapa Google melakukan itu?

Google berusaha untuk memberikan pengalaman dan keterlibatan terbaik kepada penggunanya di berbagai perangkat. 

Faktanya, sinyal seluler adalah yang paling penting dengan peralihan Google ke 100% pengindeksan seluler pertama sejak Maret 2021. 
Jadi, pastikan website atau blog Anda mudah diakses di semua perangkat, terutama perangkat mobile (HP). Gunakan tema atau template responsive mobile-friendly dan cek web Anda di Mobile-Friendly Test.

2. Gunakan Tautan Internal

Tautan internal atau internal link adalah tautan ke postingan sejenis atau topik serupa di website Anda.

Link internal membantu menautkan berbagai halaman di situs Anda menggunakan kata kunci yang relevan. Ini bisa menjadi peluang besar untuk SEO.
Bagi pemula, contoh terbaik tautan internal adalah pada artike-artikel yang ada di Wikipedia, juga di situs-situs berita.

Memanfaatkan tautan internal memberi Google kesempatan untuk lebih memahami konteks melalui teks jangkar (teks yang dapat diklik dalam hyperlink) dan menunjukkan nilai halaman.

Termauk tautan internal adalah menggunakan “Artikel Terkait” atau Related Posts, baik di tengah artikel maupun akhir tiap postingan. 

Namun, menurut John Mueller dari Google, memiliki terlalu banyak tautan internal di setiap halaman juga bisa berbahaya. Karena jika Anda menautkan silang setiap halaman, mesin pencari tidak dapat lagi memahami struktur situs dan relevansi satu halaman dengan halaman lainnya.

3. Fokus pada SEO Berbasis Entitas

Apa itu SEO berbasis entitas?

SEO berbasis entitas adalah kata atau istilah berbasis konteks yang dapat digunakan untuk menggambarkan niche Anda secara kontekstual. 

SEO berbasis entitas berfokus pada topik dan konsep besar yang memungkinkan mesin pencari memberikan hasil yang akurat secara langsung.

Beberapa kata kunci dan frasa memiliki banyak arti. Contoh,. kata “capri” berhubungan dengan minuman jus terkenal “Capri Sun”, sebuah pulau di Italia, gaya celana, dan banyak lagi!

Jadi, bagaimana Anda menampilkan konten Anda di depan pengguna yang tepat?

Saat ini, mesin pencari canggih dengan fungsi pencarian semantik dan dapat memahami arti dari pertanyaan pengguna.

Untuk membantu Google memahami dengan baik tentang apa halaman Anda, Anda perlu menyertakan kata yang relevan dengan niche Anda. Juga tidak buruk untuk memilikinya di judul meta atau di dalam tag judul.

Di sinilah tautan internal dan otoritas domain masuk, karena Anda ingin Google menambahkan Anda ke grafik pengetahuan E-A-T (keahlian, otoritas, dan kepercayaan) yang tinggi.

Google ingin memberi peringkat halaman dari sumber otoritatif, dan ini melampaui peringkat domain. Pada dasarnya, semakin banyak keahlian yang Anda miliki tentang subjek tersebut (di mata Google), semakin baik untuk peringkat Anda.

Entitas adalah jenis faktor baru yang berperan dalam peringkat Google. Entitas menggantikan kata kunci sebagai fokus utama di balik pencarian Google.
Google mendefinisikan entitas sebagai segala sesuatu yang “tunggal, unik, terdefinisi dengan baik, dan dapat dibedakan”.
Namun, itu masih menyisakan banyak ruang untuk interpretasi. Entitas tidak perlu menjadi objek fisik atau kata atau frasa tertentu seperti kata kunci.

4. Buat Ulang Postingan Blog sebagai Video

Video adalah jenis konten favorit di kalangan pengguna. Jadi, dengan mengubah posting blog Anda menjadi video, Anda memiliki peluang lebih baik untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

Penelitian menunjukkan, penerbit yang memanfaatkan konten video di situs web mereka melihat 41% lebih banyak lalu lintas dari pencarian daripada mereka yang hanya mengandalkan konten tertulis. Selain itu, video juga bertanggung jawab atas peningkatan 157% dalam lalu lintas organik dari SERP.

Artikel Anda akan mendapatkan lebih banyak eksposur di SERP, misalnya, mungkin muncul dalam cuplikan kaya atau unggulan.

Tip lainnya adalah melakukan SEO YouTube yang berlawanan dengan SEO Google. Di YouTube, video Anda perlu mendapatkan eksposur maksimum dalam 24 jam pertama untuk mendapatkan peringkat setinggi mungkin, sedangkan di Google– sebuah artikel dapat muncul di posisi pertama setelah beberapa waktu.

5. Perbarui Konten yang Ada

Update posting lama bagus buat SEO. Sangat penting untuk menjaga konten tetap diperbarui dan sesegar mungkin. Ini karena mesin pencari memprioritaskan konten yang paling relevan (dan terbaru) bagi pengguna.
Namun, jangan berpikir bahwa hanya mengubah tanggal penerbitan di posting blog lama Anda akan berhasil. Ini semua tentang konten. Jadi, ketika meninjau kembali artikel lama, cobalah untuk mendapatkan data terbaru dan informasi yang benar-benar relevan ditambah riset kata kunci

1. Tambahkan data asli ke konten Anda

Jika Anda dapat menghasilkan konten berbasis data Anda sendiri, seperti infografis atau bagan, Anda akan mendapatkan lebih banyak pembagian sosial dan tautan balik. 

2. Perbarui gambar

Bayangkan Anda memperbarui artikel dari tahun 2015 dengan tangkapan layar antarmuka Instagram dari tahun itu. Segera terasa seperti konten yang sangat lama, meskipun informasi di sana masih relevan.

6. Optimalkan Konten untuk Pencarian Suara

Pencarian suara tidak jauh untuk menggantikan pencarian tradisional. Menurut Statista, 55% rumah tangga Inggris (16-24 tahun) memiliki speaker pintar pada tahun 2021.

Dengan mengoptimalkan markup skema (bahasa yang digunakan mesin telusur untuk berkomunikasi) untuk penelusuran suara, Anda akan membantu mesin telusur menemukan situs web Anda lebih cepat dan mendapatkan lebih banyak pemirsa penelusuran suara.

Untuk melakukan itu, cobalah untuk mengidentifikasi pertanyaan yang diajukan audiens Anda dalam percakapan. Itu berarti orang cenderung mengajukan pertanyaan yang terdengar alami yang mengandung kata kunci ekor panjang daripada kata kunci target.

Isi otomatis Google, pencarian terkait, dan orang-orang juga bertanya adalah tempat yang bagus untuk mulai mengumpulkan data.

7. Long-Tail Keyword

Long Tail Keyword atau Kata kunci ekor panjang adalah frasa kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih dan sangat spesifik.
Kata kunci ekor panjang adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lalu lintas yang layak dengan topik yang sangat kompetitif. 
Mereka kurang populer dan istilah yang lebih spesifik, biasanya mengandung setidaknya 3 kata atau lebih. Mereka tidak dicari sebanyak kata kunci target Anda; oleh karena itu, mereka lebih mudah untuk diperingkat.

Contoh, alih-alih menargetkan istilah “makanan anjing” yang sangat kompetitif, carilah alternatif yang lebih jarang dicari, “makanan anjing organik.” 

Karena kata kunci ekor panjang Anda berisi kata kunci benih Anda (“makanan anjing”), Anda memiliki kesempatan untuk menentukan peringkat untuk kedua kata kunci ini dan menarik lebih banyak lalu lintas organik.

Pada akhirnya, apa gunanya menargetkan kata kunci dengan volume lalu lintas yang besar jika tidak ada kemungkinan Anda akan mengungguli halaman teratas?

Salah satu cara termudah untuk menemukan kata kunci ekor panjang adalah dengan melihat hasil pelengkapan otomatis Google dan kotak “Orang juga bertanya”. Ini akan memberi Anda beberapa wawasan tentang kueri yang lebih spesifik.

Dengan menargetkan kunci ekor panjangkata-kata, pikirkan tentang memuaskan maksud pencarian. Jangan hanya memasukkan beberapa kata kunci lempar jika Anda tidak benar-benar memberikan jawaban kepada mereka.

8. Analisis Maksud Pencarian

Maksud pencarian (search intent) adalah tentang menangani apa yang orang harapkan untuk dilihat saat mencari sesuatu. Ini bisa dibilang hal terpenting dalam SEO.

Saat Anda membuat ide kata kunci, pertimbangkan untuk membaginya menjadi 4 kategori berdasarkan maksud pencarian:

  1. Informasi
  2. Navigasi
  3. Komersial
  4. Transaksional

9. Jumlah Kata, Panjang Tulisan

Beberapa pakar SEO berpendapat, jumlah kata dapat membantu peringkat situs web lebih baik, Google telah membantah fakta ini. Analis Tren Webmaster Senior perusahaan, John Mueller, menyatakan bahwa jumlah kata tidak ikut bermain untuk peringkat pencarian yang lebih tinggi.

Menurut Search Engine Land, konten yang lebih panjang (1.000+ kata) cenderung membantu situs web muncul di hasil pencarian. Forbes menunjukkan bahwa rata-rata 600-700 kata per halaman optimal untuk SEO.

Jumlah kata yang disarankan untuk halaman arahan adalah 500-1000 kata. Sangat penting untuk menjelaskan dan ringkas di halaman arahan Anda untuk memastikan bahwa Anda memenuhi maksud pencarian pengguna dan memberikan informasi yang mereka cari.*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *