Podcast Kian Digemari, Spotify Capai 300 Juta Pengguna

Komunikasi Praktis
Podcast Kian Digemari, Spotify Capai 300 Juta Pengguna

Platform podcast terkemuka, Spotify, kini memiliki 300 juta lebih pengguna. Namun, podcast ingin lebih banyak dari mereka yang mendengarkan podcast ketimbang musik (lagu).

Spotify menyatakan, mereka ingin memiliki ruang podcasting, dan hal itu diperjelas dengan serangkaian akuisisi dan kesepakatan penting selama dua tahun terakhir – termasuk Ringer, Gimlet, Joe Rogan, dan, yang terbaru, Megaphone. 

Tujuan berikutnya: membuat lebih dari 300 juta penggunanya mulai mendengarkan podcast.

“Tujuan kami adalah membuat orang terbiasa mendengarkan konten di Spotify yang bukan musik,” kata Polgreen. 

Meskipun pertumbuhan podcast sangat kuat, ini masih merupakan sebagian kecil dari keseluruhan mendengarkan layanan. 

Dia menunjuk pada penelitian Edison terbaru bahwa podcasting mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada tahun 2020, sekarang terhitung 6 persen dari konsumsi audio di Amerika Serikat.

Untuk itu, Gimlet sedang bereksperimen dengan ekstensi podcast media campuran, seperti vodcasting (podcasting video), dan memanfaatkan algoritme prediksi yang kuat dari Spotify untuk memberi makan pendengar musik konten lisan dalam bentuk pendek di Daily Drive, layanan rekomendasinya.

“Sama seperti Spotify membantu orang menemukan musik terbaik untuk mereka – tidak hanya tahu apa yang Anda sukai, tapi juga bisa memprediksi apa yang mungkin Anda suka,” kata Polgreen. 

“Ada banyak pekerjaan yang sangat menarik yang terjadi di perusahaan yang mencoba memecahkan masalah ini untuk audio kata yang diucapkan juga.”

Iterasi terbaru ini sangat mirip dengan radio FM tradisional. Bulan lalu, Gimlet Media meluncurkan The Get Up, acara pagi hari yang menggabungkan berita harian dan pembicaraan dengan rekomendasi musik hasil personalisasi Spotify – “kecap spesial yang dimiliki Spotify dengan musik,” kata Polgreen.

Memutuskan untuk menemukan kembali acara radio drive-time selama pandemi, ketika sebagian besar calon komuter tinggal di rumah, sepertinya bukan waktu yang tepat. 

Namun, menurut Polgreen, sejauh ini setengah juta orang telah menonton. Setelah penurunan awal, pendengar Gimlet kembali ke tempat sebelum pandemi.

Polgreen juga memberi tahu Kafka beberapa ide lain untuk audio: podcast fiksi gaya opera sabun harian, dan acara dokumenter mingguan yang mendengarkan janji temu. 

“Kami belum melihat pertunjukan yang menjadi 60 Menit untuk audio,” katanya dikutip Vox.

Sebelumnya, dikutip Antara dan Cnet, pada 30 Oktober 2020, pengguna Spotify mencapai 320 juta orang. 

Jumlah pengguna tersebut membuat Spotify unggul di atas Apple Music yang memiliki 60 juta pelanggan berdasarkan data Juni 2019.

“Pelanggan berbayar Spotify juga naik, sebesar 27 persen atau menjadi 144 juta,” kata perusahaan asal Swedia ini.

Spotify masih menyediakan versi gratis. Pengguna versi gratis bisa tetap mendengarkan musik yang diselingi iklan.

Hingga akhir tahun 2020, mereka memprediksi jumlah pengguna menjadi 340-345 juta pengguna aktif bulanan, sementara pelanggan berbayar menjadi 150-154 juta.

Jumlah waktu yang dihabiskan untuk mendengarkan musik di Spotify melebihi periode sebelum Covid-19, pada kuartal ketiga. 

Tren mendengarkan musik di platform tersebut kembali ke normal, porsi mendengarkan musik di mobil kembali tinggi. Penggunaan di dalam rumah, yang meningkat ketika karantina wilayah, berada di atas masa sebelum pandemi.*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *