Perbedaan Kualitas Presenter Bola Indonesia dengan Luar Negeri (Liga Inggris)

Komunikasi Praktis

Apa Perbedaan Kualitas Presenter Bola di Indonesia (Liga 1) dengan Luar Negeri (Liga Inggris)? Jawabannya singkatnya, simak video berikut ini.

Fokus ke komentar presenter saat terjadinya gol. Berkualitas dan “berisi”!

Which is the best finish? 🤔#PL #goals pic.twitter.com/LiWMtjz9Ne

— Premier League (@premierleague) January 8, 2019

Bandingkan dengan komentar presenter siaran langsung sepakbola di kita, di Liga 1 misalnya. Saat terjadinya gol, presenter biasanya teriak “gooollll….” atau “gol gol gol gol….” atau “mamayoo….!!!”.

Penonton juga tahu, melihat sendiri itu gol, yakni bola masuk ke gawang. Tidak usah lagi disebutkan, kecuali siaran radio.

Komentar presenter sepakbola di kita juga lebih mempraktikkan komentar penyiar radio saat siaran langsung sepakbola. Penyiar radio sih wajar dan seharusnya menyebutkan –misalnya– bola dioper ke Atep, Atep kirimkan bola ke Hariono, Hariono… wow bola direbut Irfan Jaya… Irfan memberikan umpan terobosan… ah sayang umpannya terlalu deras…

Kualitas Presenter Bola Indonesia

Komentar seperti itu kalau di radio wajar dan seharusnya, karena pendengar tidak melihat permainan, hanya mendengarkan.

Nah, kalau di siaran televisi, penonton ‘kan melihat sendiri aliran bola, aksi pemain, bola dipegang siapa, siapa yang memberi umpan, dan seterusnya, termasuk gol.

Lalau, bagaimana sebaiknya?

Kayaknya, presenter siaran bola di kota harus banyak belajar kepada presenter atau komentator live bola Liga Inggris.

Misalnya, saat Atep di-close up atau disorot kamera, muncul di layar sedang memegang bola untuk melakukan lemparan kedalam, presenter/komentator tidak usah mengatakan “Atep memenang bola, akan melakukan lemparan kedalam”, karena penonton juga sudah bisa melihatnya sendiri.

Lebih baik, sang presenter mengatakan –misalnya– “Atep membela Persib Bandung sejak musim 2002 dan pernah bermain di Persija” atau data lain tentang Atep Rizal yang menambah pengetahuan dan wawasan penonton.

Setuju? Itu dia sekadar gambaran Perbedaan Kualitas Presenter Bola Indonesia dengan Luar Negeri (Liga Inggris). Semoga presenter dan komentator bola di kita kian berkualitas. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *