Cara Mengatasi Konten Duplikat Halaman Label Blog

Komunikasi Praktis
Mengatasi Konten Duplikat

KONTEN DUPLIKAT (Duplicate Content) menjadi salah satu isu besar di dunia blogging. Banyak blogger yang “terganggu” dengan adanga konten duplikat di blognya dengan alasan SEO.

Jadi, blogger juga bisa menggunakan alat parafrase untuk membuatnya unik.

Duplikat konten adalah postingan yang sama atau mirip pada blog kita.
Postingan ini akan ditampilkan pada beberapa halaman, yaitu halaman item (halaman postingan itu sendiri, blog post), halaman label, arsip, dan halaman hasil pencarian (search) di blog kita.

Menurut Panduan Google, secara umum, konten duplikat mengacu pada blok konten berjumlah besar di dalam atau di seluruh domain yang sama persis atau sangat mirip dengan konten lain. Kebanyakan, aslinya tidak dimaksudkan untuk menipu.

Di sisi lain, Google berusaha keras untuk mengindeks dan menampilkan laman yang memiliki informasi berbeda. Jadi, sebaiknya hindari konten duplikat ini di blog.

Namun demikian, menurut Google seperti dikutip Search Engine Land, jangan terlalu kepikiran soal duplikat konten, apalagi bikin stres, kecuali jika duplikat konten itu disengaja. “Google may just ignore the duplicate content!”

Cara Mengatasi Konten Duplikat Halaman Label Blog

Meskipun duplikat konten belum tentu akan berdampak pada ranking blog di mesin pencari, melakukan tindakan pencegahan merupakah salah satu praktek SEO yang baik. 
Dengan mencegah dan meminimalisir produksi duplikat konten, mesin pencari setidaknya tidak perlu serangkaian proses untuk menentukan prioritas konten yang diindeks dan diperingkat.

Sekadar jaga-jaga saja, karena konten duplikat terjadi biasanya di halaman label, maka tambahkan kode berikut ini tepat di bawah kode <head> di dalam template blog.

1. Template > Edit HTML
2. Ada kode <head> di bagian atas
3. Copas kode berikut ini di bawah <head>

<b:if cond=’data:blog.searchLabel’>
<meta content=’noindex,nofollow’ name=’robots’/>
</b:if>

4. Save template!

Demikian cara Mengatasi Konten Duplikat halaman label blog Blogger/Blogspot.*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *