Ragam  

Tips Memasak Gurita Supaya Tidak Keras dan Tetap Lezat Diolah dengan Berbagai Varian

Komunikasi Praktis
Tips Memasak Gurita Supaya Tidak Keras dan Tetap Lezat Diolah dengan Berbagai Varian

Jika dilihat dari bentuknya, gurita adalah binatang yang menyeramkan. Namun, tahukah Anda, bahwa hewan laut yang satu ini jika dimasak memiliki cita rasa yang begitu enak loh dan pastinya tinggi gizi.

Perpaduan antara rasa dan teksturnya sangat pas di mulut. Salah satu bagian gurita yang sering dikonsumsi adalah bagian tentacle-nya. Bagian tersebut dikatakan adalah salah satu bagian paling enak dibandingkan bagian lainnya.

Namun, sebelum memasak gurita, anda harus mengetahui tips–tips berikut ini supaya gurita yang Anda masak tetap lezat dan tidak keras. Bagaimana tipsnya?

Berikut adalah penjelasannya 

1. Beli lebih banyak dari perkiraan Anda sebelumnya

Ada banyak sekali pasar tradisional atau toko swalayan yang menjual gurita dengan harga beragam, bahkan ada juga yang jual gurita online seperti di Ladara.

Saat membeli gurita pastikan anda membeli dengan takaran yang lebih banyak dari yang Anda perkirakan sebelumnya karena hewan ini akan menyusut saat dimasak. 

2. Pilih yang segar

Usahakan Anda memilih gurita yang segar yang tidak berbau menyengat dan baru saja diambil dari lautan dengan begitu, kualitas yang Anda dapatkan akan lebih terjamin. 

3. Cuci hingga bersih

Gurita adalah hewan yang melindungi dirinya dengan cara mengeluarkan tinta dari dalam tubuhnya. Hal ini membuat tentakel yang ada di tubuhnya juga dipenuhi oleh tinta.

Pastikan Anda membersihkan tinta tersebut hingga benar-benar bersih dan buang kulitnya jika tidak digunakan.

Cara membersihkannya adalah dengan dicuci menggunakan air dingin dan sentuh seluruh bagian tubuhnya untuk membersihkan bagian–bagian yang kotor. 

Pastikan juga tidak ada lagi tinta dan pasir yang menempel di sekujur tubuhnya.
4. Jika hanya tersedia gurita frozen di pasar, hal itu tidak menjadi masalah

Ada kelebihan yang ditawarkan jika ada membeli gurita frozen yaitu dagingnya menjadi lebih lembut ketika dilelehkan dan anda juga tidak akan direpotkan dengan proses penyembelihan gurita yang memakan waktu. 

5. Untuk jenis frozen, pastikan sudah meleleh di bagian kulkas yang bukan freezer

Gurita frozen mempunyai tekstur yang sangat keras, maka dari itu Anda harus melelehkannya dulu supaya lebih mudah dipotong–potong dan dimasak.

Anda bisa memasukkannya kedalam kulkas yang bukan bagian freezer selama 24 jam atau letakkan saja ke air biasa selama 3 jam. 

6. Potong dengan benar

Supaya dagingnya menjadi lembut dan mempermudah proses pemotongan, maka Anda harus menggunakan pisau yang benar–benar tajam.

Anda bisa memotongnya sesuai dengan bentuk yang anda inginkan.

Itulah tips–tips jitu yang bisa Anda terapkan dalam memasak gurita supaya dagingnya tidak keras saat ingin diolah menjadi berbagai varian.

Pastikan anda melakukan hal–hal di atas lebih dulu sebelum mulai untuk memasak gurita. Mudah sekali bukan. Selamat Mencoba!

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *