Contoh Teks Naskah MC Formal dan Informal

Komunikasi Praktis
Contoh Teks Naskah MC Formal dan Informal

Di postingan tentang MC (Master of Ceremony) atau Pemandu Acara sebelumnya, Komunikasi Praktis sudah berbagi Contoh Naskah Pembukaan oleh Pembawa Acara (MC).

Kali ini admin berbagi Contoh Teks, Script, atau Naskah MC Formal dan Informal yang dihimpun dari berbagai sumber.

Perbedaan Acara Formal dan Informal

Secara umum, acara dibagi dua jenis, yaitu acara formal (seremonial) atau acara resmi dan informal atau non-formal (tidak resmi). 

Ada juga acara yang merupakan gabungan formal-informal, disebut semiformal.

Acara formal adalah acara yang memiliki aturan baku terkait protokoler atau keprotokolan. Setiap aturannya harus dipatuhi oleh penyelenggara, MC, pengisi acara, tamu undangan, dan hadirin. 

Acara formal ditandai dengan adanya susunan acara yang pasti, bahasa yang formal atau resmi (baku), dan hadirin yang datang memakai pakaian yang sesuai dengan acara atau “kode pakaian” (dresscode).

Di Indonesia, acara formal biasanya diselenggarakan oleh instansi pemerintah, mulai tingkat kelurahan hingga nasional.

Contoh acara formal antara lain upacara kenegaraan, upacara bendera, wisuda, upacara pelantikan, upacara adat, rapat kerja, seminar, workshop, simposium, saresehan, kokakarya, dan diskusi panel.

Acara informal atau Acara Nonformal adalah acara yang tidak memerlukan keprotokolan. Contohnya antara lain acara pameran, konser musik, pentas seni, ulang tahun, dan fashion show. 

Untuk acara-acara di atas jarang diperlukan protokoler, tapi diperlukan MC yang pandai berimprovisasi sehingga menarik penonton untuk ikut gembira dan terkesan.

Acara Semiformal adalah acara yang aturan di dalamnya tidak terlalu resmi, namun bahasa yang dipakai adalah bahasa yang baik dan sopan. Terkadang, acara ini memiliki aturan berpakaian tapi terkadang pakaian yang dipakai bebas.

Acara seminar, workshop, simposium, saresehan, kokakarya, dan diskusi panel bisa masuk dalam acara semiformal. Jika diadakan lembaga pemerintah, biasanya ada penerapan protokoler, seperti posisi tempat duduk dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.

Setelah memahami acara formal, informal, dan semiformal, kini kita ke  Contoh Teks Naskah MC Formal dan Informal.

1. Contoh Naskah MC Formal

MC atau Pembawa Acara (PA) acara formal biasanya terpaku pada naskah (script) yang sudah disusun. Tidak boleh ada improvisasi dalam MC acara formal, berbeda dengan acara informal yang bisa ditambahkan humor dan spontanitas.

Naskah MC acara formal biasanya ditulis secara detail, diprint pada kertas berukuran seperempat A4 (biasanya jadi berlembar-lembar). 

Biasanya ada gladi bersih satu hari sebelum acara. Pastikan mic atau sound system berfungsi dengan baik.

Berikut ini Contoh Naskah MC Acara Formal

Contoh Teks MC Peringatan Hari Nasional 17 Agustus

a. Pembukaan oleh MC

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Om swastiastu.

Yang terhormat, Bapak lurah….. beserta jajaran.

Yang kami hormati, Bapak Ketua Karang taruna….

Bapak/Ibu, hadirin sekalian yang berbahagia,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas perkenan-Nya kita dapat hadir pada acara perayaan HUT Kemerdekaan RI, di tanggal 17 Agustus ini. 

Kami ucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah menghadiri undangan dari kami.

Hadirin yang kami hormati, izinkanlah saya … yang memandu acara ini, membacakan susunan acara sebagai berikut:

1. Pembukaan

2. Pembacaan doa

3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya

4. Sambutan Ketua Panitia dan Sambutan Bapak Lurah

5. Pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah

6. Penutupan

Acara pertama, yaitu pembukaan, marilah kita bersama-sama membuka acara ini dengan bacaan basmalah, bismillahirrohmanirrohim.

Hadirin yang berbahagia, sebelum kita lanjut ke sesi selanjutnya, marilah kita memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang akan dipimpin oleh …

c. Selanjutnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hadirin kami mohon berdiri.

Terima kasih, hadirin kami persilakan duduk kembali.

d. Acara yang ketiga yaitu sambutan-sambutan. 

Sambutan pertama akan disampaikan oleh ketua panitia. Kami persilakan ….. untuk memberikan sambutan.

Terima kasih, kami sampaikan kepada panitia. Sambutan selanjutnya dari Bapak Lurah. Kami persilakan kepada Bapak Lurah.

Demikian sambutan Bapak. Lurah ……, semoga kita mampu melaksanakan pesan dan arahan yang disampaikan Bapak Lurah dalam sambutan tadi.

e. Hadirin yang berbahagia, tibalah kita memasuki acara inti yakni, pemotongan tumpeng oleh Bapak Lurah……. Untuk itu, kepada Bapak Lurah kami persilakan.

f. Hadirin yang kami hormati, tibalah saatnya acara  hiburan yang akan ditampilan oleh adik-adik kita, di bawah bimbingan Karang Taruna …….. 

Untuk itu acara sepenuhnya kami serahkan pada pemandu acara lomba…….. Beri tepuk tangan yang meriah untuk saudara/i…..

g. Penutupan Oleh MC

Bapak/Ibu yang kami hormati, akhirnya sampailah kita ke penghujung acara HUT RI di kelurahan….. Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi Bapak/Ibu.

Mewakili seluruh panitia penyelenggara, kami memohon maaf bila ada hal-hal dari kami yang kurang berkenan. Terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Naskah MC Formal dan Informal

2. Contoh Naskah MC Informal

MC informal membawakan acara dengan santai, ceria, ada selingan humor dan game, juga bahasa yang digunakan tidak terlalu baku. 

Umumnya, MC acara informal menggunakan bahasa dan istilah yang sedang tren atau kekinian, namun tetap santun. 

Yang paling diutamakan sebagai MC, yaitu wajib melakukan improvisasi. Oleh karena itu, seorang MC juga diwajibkan untuk memahami banyak wawasan dan mengetahui update berita-berita terkini. 

Acara yang dibawakan MC informal ini, contohnya acara lomba-lomba, ulang tahun, bazar, atau  family gathering, dan sejenisnya.

MC informal biasanya juga menyajikan Ice Breaking atau pemecah suasana. Ini dapat dipilih apakah berupa pantun, games, humor, kutipan menarik, atau pemutaran film pendek.

Contoh Naskah MC Informal

Contoh Teks MC Pengajian

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirot Allah SWT, yang telah memberikan kita nikmat, termasuk nikmat kesehatan dan kesempatan, sehingga kita dapat menghadiri pengajian mingguan ini. 

Sholawat dan salam kita semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabat, dan kita semua. Amin Ya Robbal’alamin.

Sebelum memulai acara pengajian mingguan ini, saya ucapkan terima kasih dan selamat datang khusus kepada Ustadz Fulan, yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir dan menjadi penceramah pada pengajian kali ini.

Terima kasih juga kepada hadirin yang telah hadir.

Hadirin yang saya hormati, perkenankan saya …… sebagai MC pada pengajian kali ini, menyampaikan susunan acara pengajian sebagai berikut.

1. Pembukaan.

2. Pembacaan Al-Qur’an 

3. Sambutan Singkat Ketua Majelis Taklim

4. Acara pokok yaitu Ceramah oleh Ustadz Fulan.

5. Doa.

6. Penutup.

Acara pertama, yaitu pembukaan, mari kita buka pengajian ini, dengan sama-sama mengucapkan basmalah…. Bismillahirrohmanirrohim

Acara kedua yaitu Pembacaan Al-Qur’an oleh …. Kepada …. kami persilakan.

Terima kasih …. Semoga bacaan Al-Qur’an tadi mengundang rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Amin Ya Robbal’alamin. 

Acara berikutnya yaitu sambutan singkat Ketua Majelis Taklim. Kepada … saya persilakan.

Terima kasih ….

Kini saatnya kita mengikuti acara pokok, yaitu acara keempat, ceramah oleh Ustadz Fulan. Kepada Pak Ustadz, kami persilakan.

Terima kasih Pak Ustadz…. Semoga yang disampaikan Pak Ustadz dapat kita pahami dan amalkan. Amin Ya Robbal’alamin.

Langsung saja, ke acara selanjutnya, yaitu Doa, yang dipimpin oleh Pak Ustadz. Silakan pak untuk memimpin doa penutup pengajian.

Amin Ya Robbal’alamin. Terika kasih Pak Ustadz.

Acara pengajian selesai. Mari kita tutup dengan memnaca hamdalah bersama-sama… Alhamdulillahi robbil’alamin.

Terima kasih sekali lagi Pak Ustadz dan jamaah yang telah hadir. Saya mohon maaf bila ada salah kata selama memandu acara. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Naskah MC Informal: Pembukaan Singkat

Mohon perhatian, acara akan segera kita mulai.

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat pagi semuanya. Perkenalkan, nama saya adalah __________ 

Saya bertugas memandu acara kita hari ini. Terima kasih kepada hadirin, khususnya kepada …. (jika ada tamu khusus/orang paling dihormati),  yang sudah hadir di sini, dalam acara ______________.

Demikian  Contoh Teks Naskah MC Formal dan Informal. Intinya, naskah MC harus memenuhi tugas pokok MC, yaitu memastikan acara mulai dan berakhir tepat waktu, mengenalkan pengisi acara atau pembicara, mempersilakan pengisi acara tampil, menyambut dan menyampaikan terima kasih kepada hadirin dan/atau tamu undangan. (Sumber: DetikNisananda, Kumparan, Algonquin College).*

Buku Kiat Memandu Acara

Buku Kiat Memandu Acara

Order Buku: Nuansa

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *