Ragam  

6 Cara Menghemat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari Hari, Terapkan!

Komunikasi Praktis
Cara Menghemat Energi Listrik

Bagaimana cara menghemat energi listrik berikan contohnya menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari oleh masyarakat belakangan ini. 
Hal tersebut tidak mengherankan, sebab listrik sendiri saat ini sudah menjadi kebutuhan vital dan utama dalam menjalankan aktivitas. 
Agar konsumsi energi listrik tidak boros, salah satu caranya adalah dengan menggunakan energi alternatif solar panel
Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menghemat energi, bisa Anda simak pada bahasan berikut ini.

Tips Menghemat Energi Listrik

1. Pilih Peralatan Elektronik Sesuai Kebutuhan

Tidak bisa dipungkiri bahwa di zaman modern seperti sekarang ini, manusia hidup berdampingan dengan berbagai peralatan elektronik untuk menunjang banyak aktivitas sehari hari. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya akan muncul banyak lagi inovasi peralatan elektronik terbaru.

Semua peralatan elektronik tersebut tentunya membutuhkan daya listrik dalam pengoperasiannya, sehingga penggunaan alat elektronik berlebihan bisa membuat beban daya listrik yang digunakan semakin besar. Apakah semua peralatan elektronik tersebut memang benar benar anda butuhkan ?

Mulai dari kulkas, mesin cuci, AC, dispenser, vacuum cleaner, setrika, mesin pencuci piring, mixer, blender, dan lain sebagainya. 

Mungkin dari beberapa peralatan elektronik tersebut ternyata ada yang tidak Anda perlukan, atau setidaknya tidak digunakan setiap hari dan sepanjang hari.

Misalnya dispenser, anda bisa mendinginkan air di dalam kulkas atau memasak air di kompor apabila membutuhkan air hangat, alih alih menggunakan dispenser yang mengonsumsi lebih banyak listrik. Atau untuk vacuum cleaner, anda bisa menggunakannya sesekali saja untuk membersihkan debu dan untuk sehari hari bisa memanfaatkan sapu hingga kemoceng.

2. Hemat Pemakaian Lampu

Menjawab bagaimana cara menghemat energi listrik berikan contohnya, rasanya hemat pemakaian lampu adalah salah satu cara yang paling tepat. Bagaimana tidak, sistem penerangan rumah ini memang acap kali menjadi salah satu hal yang mengonsumsi listrik cukup banyak. Sebab lampu nyala setiap hari karena dibutuhkan untuk penerangan rumah.

Untuk menghemat penggunaan lampu, anda bisa memberikan jeda dengan cara memanfaatkan sinar matahari di siang hari. Sehingga lampu di rumah pun tidak perlu menyala sepanjang hari. 

Kemudian ketika sudah waktunya tidur, matikan beberapa lampu di rumah. Mengingat bahwa penghuninya tidak sedang beraktivitas dan kurang membutuhkan penerangan pada pukul tersebut.

Menghemat pemakaian lampu sendiri juga dapat disiasati dengan cara memakai lampu hemat energi di rumah. 

Contohnya seperti lampu LED (Light Emitting Diode), yang terkenal menjadi sistem penerangan dengan energi rendah. Alhasil, lampu LED pun dapat membantu anda dalam menghemat penggunaan listrik.

3. Cabut Kabel dari Stop Kontak Ketika Tidak Digunakan

Tidak mencabut kabel dari stop kontak meskipun peralatan elektronik sudah tidak digunakan, menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Kebiasaan ini ternyata secara tidak sadar membuat listrik digunakan secara terus menerus. Sehingga mencabut kabel dari stop kontak bisa menjawab bagaimana cara menghemat energi listrik berikan contohnya.

Karena seperti kabel charger untuk gawai, ternyata apabila masih terhubung akan membuat daya listrik terbuang dengan percuma. Jadi mulai saat ini sebaiknya anda membiasakan diri untuk selalu melepas kabel alat elektronik dari stop kontak, tepat setelah alat elektronik tersebut sudah tidak digunakan kembali.

4. Jangan Biarkan Alat Elektronik Terus Menyala Saat Tidak Digunakan

Pasti sebagian besar masyarakat pernah melakukan hal ini, yakni menyalakan televisi namun kemudian meninggalkannya untuk aktivitas lain. Contohnya TV menyala tapi anda justru asyik bermain smartphone tanpa memperhatikan tayangan di televisi. Bahkan ada pula yang sering kali tertidur di depan televisi yang sedang menyala.

Kondisi tersebut tentunya membuat penggunaan daya listrik menjadi lebih tinggi dari yang sebenarnya dibutuhkan. Sayangnya, kebiasaan seperti ini jarang terlihat secara signifikan oleh masyarakat, sehingga mereka pun terus melakukannya tanpa menyadari bahwa hal tersebut membuatnya menjadi boros energi listrik.

Alhasil tagihan listrik anda setiap bulannya pun akan meningkat, dan bisa bisa membengkak lebih dari budget yang yang telah disiapkan. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang mulai lakukan kebiasaan yang sebaliknya. Seperti langsung mematikan televisi saat merasa sudah mulai mengantuk, dan matikan pula televisi ketika anda sedang sibuk dengan ponsel pintar.

5. Cabut Penanak Nasi Ketika Tidak Digunakan

Hampir serupa dengan bagaimana cara menghemat energi listrik berikan contohnya seperti poin sebelumnya, anda juga perlu mencabut penanak nasi ketika sudah tidak digunakan. 

Aspek satu ini dijabarkan tersendiri sebab banyak orang yang gemar mengonsumsi nasi dalam keadaan hangat, sehingga fitur pemanas pada penanak nasi diaktifkan sepanjang hari.

Padahal hal tersebut akan membuat penanak nasi anda secara terus menerus mengonsumsi daya listrik. Meski secara langsung tidak terlihat, namun kondisi ini akan membuat tagihan listrik anda meningkatkan. 

Maka dari itu, sebaiknya mulai kurangi penggunaan fitur penghangat pada penanak nasi. Apabila anda menginginkan nasi yang hangat, gunakan fitur tersebut jika sudah dekat waktu makan.

6. Menggunakan Panel Surya

Ada satu lagi cara yang bisa dilakukan untuk menghemat energi listrik, yaitu dengan memasang panel surya di rumah. 

Adanya panel surya akan memungkinkan anda untuk memproduksi listrik secara mandiri. Sehingga penggunaan listrik konvensional pun akan berkurang dan membuat tagihan listrik juga berkurang secara signifikan.

Menariknya, pengolahan energi listrik dari panel surya menggunakan sumber energi terbarukan. Jadi sebanyak apapun listrik yang dihasilkan, sumber energinya akan terus tersedia kembali di alam. Dan pengolahan ini pun tidak menghasilkan limbah yang mencemari lingkungan, sehingga bisa menjawab bagaimana cara menghemat energi listrik berikan contohnya yang ditanyakan.

Menerapkan berbagai hal di atas akan membantu anda mendapatkan lingkungan yang lebih baik, bersih, dan hijau untuk menunjang kehidupan. 

Untuk pemasangan panel surya sendiri bisa kunjungi sunenergy.id. SUN Energy merupakan penyedia panel surya di Indonesia yang menawarkan kualitas kelas internasional dengan metode pembayaran DP 0%, sehingga akan memudahkan Anda.*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *