Ragam  

6 Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Mobil Bekas

Komunikasi Praktis
beli mobil bekas
Freepik

Di musim hujan, keinginan untuk membeli mobil makin kuat. Apalagi jika Anda punya bayi dan balita. Alangkah kasihannya ketika mereka harus kedinginan dan kebasahan karena berkendara dengan sepeda motor, karena mantel tidak bisa 100% melindungi. 
Anda pun memilih untuk membeli mobil baru atau bekas dan melongok ke isi tabungan.

Membeli kendaraan roda 4 tentu tidak bisa seperti membeli kacang goreng, karena butuh pertimbangan matang. 

Harganya yang cukup tinggi membuat Anda membandingkan fitur mobil dan kelebihannya. Setelah memikirkan anggaran, akhirnya keputusan terakhir diambil: beli mobil second saja.

Beli Mobil Bekas Tidak Mengapa, Ini Alasannya 

beli mobil bekas
Freepik

Berikut ini beberapa hal yang bisa menguatkan niat Anda untuk membeli mobil second:

1. Harganya Jauh Lebih Murah

Saat akan membeli kendaraan roda 4, tentu yang dipikir adalah harganya. Lebih baik beli mobil baru atau bekas

Jika memang anggaran terbatas, maka lebih baik pilih mobil second. Harganya tentu lebih miring daripada yang baru, sehingga Anda bisa mendapatkan kendaraan impian secara langsung dan dibayar tunai. 
 Apalagi jika Anda lebih suka untuk bayar tunai daripada kredit, karena tidak mau pusing memikirkan cicilan dari bulan ke bulan. Anda juga tak perlu bingung menghitung anggaran setelah gajian gara-gara kredit mobil. 
Setelah membeli mobil, bisa langsung dipakai untuk jalan-jalan atau mudik, dan sudah 100% jadi milik Anda.

Anda beli mobil bekas karena realistis, jika tabungan baru ada 40 jutaan ya beli second tidak masalah. 

Yang penting kendaraan itu bisa dipakai dan menyelamatkan keluarga dari kehujanan dan kedinginan. Tidak perlu gengsi untuk membeli mobil bekas, karena yang penting punya kendaraan dan tak lagi meminjam, menyewa, atau mencari taksi saat keadaan terdesak.

2. Bisa Langsung Digunakan Setelah Dibayar

Keunggulan dari membeli mobil secondhand adalah bisa langsung dikendarai, tentu setelah dibayar ke pemilik sebelumnya atau dealer. Saat sudah ada mobil maka langsung gaspol. 

Pakai kendaraan itu untuk antar-jemput anak dan istri, untuk kulakan barang dagangan ke pasar besar, untuk jalan-jalan di akhir minggu, dll.

Berbeda dengan membeli mobil baru di dealer, ternyata tidak bisa langsung dipakai walau dibayar lunas. 

Penyebabnya karena plat nopol belum jadi dan STNK belum diterima, karena masih harus mengantri untuk mendapatkannya. Jadi malah lebih asyik beli mobil second karena langsung digunakan pasca transaksi.

3. Sudah Dimodifikasi

Bagaimana, sudah ingin beli mobil baru atau bekas? Sebenarnya memutuskan untuk memiliki mobil bekas punya banyak keunggulan. Salah satunya adalah sudah dimodifikasi. 

Jika salah satu kawan Anda yang hobi modif mobil lalu memutuskan untuk menjualnya, ini adalah kesempatan emas. Penyebabnya karena kendaraan yang didapatkan sudah dirombak sedemikian rupa sehingga unik. 
 Jika punya mobil hasil modifikasi pasti asyik sekali karena velg-nya beda dan ada tambahan sound system yang mempesona. 
Beda dengan mobil baru, harus dibawa ke bengkel lagi jika ingin dimodifikasi, yang berarti butuh dana tambahan. Jadi saat ada mobil second yang dimodif dan ada dananya, beli saja.

4. Cocok untuk Anda yang Pembosan

Anda butuh mobil untuk memudahkan pergerakan atau menyokong kegiatan berbisnis? Akan tetapi, sifat yang pembosan membuat ingin mencoba jenis-jenis mobil. 

Kadang ingin menyetir mobil MPV tetapi kadang ingin naik sedan saja. Akan tetapi uang belum mencukupi untuk membeli lebih dari 1 jenis mobil.

Jika memang mudah bosan dan ingin gonta-ganti, lebih baik beli mobil bekas. 

Misalnya Anda sudah puas menaiki mobil jip, lalu ingin menjajal family car. Jika beli yang baru maka akan sangat memberatkan kantong. Akan tetapi jika kondisinya bekas, akan jauh lebih miring harganya, dan Anda bisa puas berganti mobil tanpa kebosanan dan menguras isi rekening.

5. Mobil Bekas Kelas Kolektor Jadi Ajang Bisnis

Bagaimana dengan mobil klasik? Salah satu pertimbangan untuk membeli mobil baru atau bekas adalah kendaraan roda 4 yang kondisinya second tetapi banyak peminatnya. 

Anda batal untuk beli mobil baru karena sudah kepincut dengan mobil bekas yang unik, dan tentu tidak ada keluaran terbaru karena hanya dibuat dalam edisi terbatas. 
 Bahkan untuk mobil bekas klasik yang kelas kolektor, harganya bisa membumbung tinggi, dan hampir setara dengan mobil baru. Penyebabnya karena banyak peminatnya sedangkan jumlahnya amat sedikit. 
Di sini hukum ekonomi berlaku, sehingga wajar saat ia dibanderol dengan harga mahal. Ini bisa jadi peluang bisnis yang menggiurkan, sehingga Anda berburu mobil klasik dan menjualnya dengan harga mahal.

6. Tidak Takut Rusak Saat Dikendarai

Keunggulan lain dari membeli mobil bekas adalah tidak ada rasa takut rusak saat dikendarai. Biasanya saat menyetir mobil baru muncul kegelisahan, takut nanti ditabrak, diserempet, atau tidak sengaja menyenggol pot bunga. 

Hal ini bisa jadi karena Anda grogi atau memang belum terlalu terampil menyetir.

Akan tetapi jika yang dibawa mobil bekas, akan lebih woles. Harganya jauh lebih murah, sehingga tidak takut jika sedikit cacat atau kena goresan. 

Toh kendaraan ini second, dan ketika ada sedikit kerusakan pada bagian body mobil, bisa diselesaikan di bengkel terpercaya. Perbedaan ini muncul karena sisi psikis dan sensasinya beda saat beli mobil bekas. 
Mobil baru atau bekas banyak dijual, baik di dealer atau marketplace. Jika Anda baru mampu membeli kendaraan roda 4 second, tidak apa-apa, yang penting punya mobil yang bisa melindungi dari tempias air hujan. 
Apalagi jika ada anak kecil, maka kendaraan ini bisa membuat mereka nyaman dalam perjalanan, yang penting punya mobil walau ia berstatus bekas. 
Sudahkah Anda mengukur isi kantong sebelum membeli mobil second? Jika memang dana belum mencukupi tetapi keadaan sangat mendesak untuk memiliki mobil, maka solusinya adalah kredit mobil. 
Hanya lakukan di leasing terpercaya dari Maybank Finance.

Saat Anda sudah memilih mobil baru atau bekas dan ingin kredit, maka Maybank Finance adalah yang terbaik. 

Proses kreditnya sangat kilat, hanya butuh waktu sehari. Selain itu banyak mitra dealer sehingga Anda bisa memilih mobil second di sana sesuai dengan kebutuhan keluarga. (Sumber: Mybank Finance, Personal Finance, Kompas).*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *