Rekomendasi Tools Gratis untuk Meningkatkan Performa Website

Komunikasi Praktis

Tools Website Gratis untuk Hosting Murah 1 Bulan.


Rekomendasi Tools Gratis untuk Meningkatkan Performa Website

Sudah membeli hosting murah 1 bulan tapi performa website masih belum optimal? Jangan khawatir, berikut ini solusi meningkatkan performa web atau blog Anda, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Salah satunya yaitu dengan menggunakan berbagai tools gratisan.

Meskipun gratisan, namun faktanya tools yang akan kami bagikan di sini memiliki kinerja yang sangat baik. Apa saja tools tersebut? Berikut telah kami rangkum semuanya di bawah ini.

Tools SEO Gratis untuk Website

Sudah punya info domain yang cocok untuk website Anda? Jika sudah, ketahuilah beberapa tools SEO (Search Engine Optimization) berikut ini untuk mengoptimalkan kualitas SEO website.

1. Google Search Console

Google merupakan salah satu mesin pencari yang paling populer. Untuk mengoptimalkan website Anda agar mudah ditemukan di mesin pencari tersebut, Anda bisa menggunakan tools yang satu ini.

Google Search Console adalah software yang mampu menunjukkan garis besar proses Google saat menampilkan hasil pencarian. Tools ini akan memudahkan Anda saat mencari kata kunci untuk pembuatan konten.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Di lain sisi, Anda juga bisa memadukannya dengan penggunaan Google Webmaster Tools untuk menganalisa konten. Cara menggunakan Google Webmaster Tools juga sangat mudah, yaitu hanya dengan memasukkan URL.

2. Google Keyword Planner

Tools kedua ini masih sama-sama produk dari Google. Google Keyword Planner bisa memudahkan Anda untuk merencanakan kampanye berbayar. Tools ini akan memudahkan anda dalam mengidentifikasi kata kunci yang tertarget.

Google Keyword Planner bisa Anda gunakan secara gratis. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu hanya dengan mendaftar, lalu kemudian login ke tools tersebut.

Tools ini nantinya mampu menampilkan data volume pencarian. Anda juga bisa mengetahui banyaknya pencarian kata kunci yang ingin Anda optimasi.

3. Wordtracker

Selain sebagai tool untuk SEO, Wordtracker juga bisa digunakan untuk market research tool. Melalui tool ini Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi beberapa jenis keyword yang jauh lebih akurat.

Bahkan, tool ini bisa menampilkan perbandingan hasil pencarian atau SERP. Selain itu, juga mampu menunjukan related keywords dan juga arsip penyimpanan keyword.

Baca juga: Schema Markup untuk SEO

Kelebihan lain dari Wordtracker ini yaitu memiliki desain yang nyaman saat digunakan. Selain itu, user interface dari software ini juga mudah digunakan.

4. KWFinder

Anda suka dengan jenis tool SEO yang mudah dipahami dan digunakan? KWFinder juga merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Tool ini bisa menemukan kata kunci dengan tingkat pencarian yang rendah, akan tetapi memiliki volume pencarian tinggi.

Meski begitu, anda harus bisa menebak kata kunci yang tepat. Tool yang satu ini sangat cocok untuk para pemula, termasuk Anda yang baru belajar SEO.

5. LSI Keywords

LSI (Latent Symantec Indexing) atau yang dikenal juga dengan keyword turunan juga penting untuk diperhatikan. Kini Anda bisa menemukan LSI yang cocok untuk website Anda secara mudah.

Tool ini difungsikan untuk menemukan keyword yang sangat cocok untuk mencari hubungan keyword utama. Dengan tool ini, Anda bisa menemukan LSI yang ideal dan optimal.

Baca juga: Cara Membuat Posting SEO Freindly

Kelebihan lain dari tool ini yaitu mampu memasukkan hingga 10 keyword sekaligus. Lalu setelah Anda memasukkan keyword, maka akan muncul rekomendasi LSI yang related dengan keyword yang Anda masukkan tadi.

6. Keywordtool.io

Bagi Anda yang sudah memiliki domain, maka gunakanlah tool yang satu ini. Pasalnya Keywordtool.io bisa Anda manfaatkan untuk menentukan long tail keyword yang lebih spesifik.

Anda juga bisa memanfaatkan tool ini untuk menentukan kata kunci yang lebih spesifik, memiliki tingkat persaingan rendah, dan juga tertarget.

Dengan menggunakan tool ini, maka potensi website Anda masuk ke ranking yang lebih tinggi di Google menjadi lebih mudah. Artinya, tool ini cocok untuk mencari keyword yang ideal untuk website Anda.

7. Google Trends

Hingga saat ini, fitur dari Google ini masih banyak digunakan oleh para pemilik website. Google Trends sendiri merupakan salah satu tool gratisan dari Google.

Google Trends bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword. Pasalnya, tool ini akan menginformasikan berbagai topik dan keyword yang sedang tren dari tahun ke tahun.

Anda juga bisa melihat perkembangan grafik suatu keyword dari waktu ke waktu. Selain tahunan, Anda juga bisa melihat potensi suatu keyword secara bulanan.

Baca juga: Tips Agar Blog Cepat Diindeks Google

Selain itu, Anda juga bisa melakukan penyaringan kata kunci berdasarkan lokasi, kategori, hingga search history.

8. Moz

Tool Moz bisa anda gunakan untuk melakukan inbound marketing. Moz punya banyak fitur yang bisa membantu mengoptimalkan performa website Anda.

Salah satu fiturnya yaitu mampu mengukur tingkat PA (Page Authority) dan juga mengukur DA (Domain Authority) website yang Anda miliki.

Dengan hadirnya fitur tersebut, Anda bisa membandingkan website Anda dengan yang lain. Selain itu, tampilannya pun tergolong user friendly.

Tools Gratisan untuk Kecepatan Website

Loading page suatu website juga sangat penting untuk diperhatikan. Semakin cepat loading website Anda, maka semakin tinggi tingkat kenyamanan visitor.

Ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kecepatan website. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan tools untuk meningkatkan kecepatan website berikut:

1. Google Test My Site

Google punya banyak tools yang bagus untuk meningkatkan performa website. Google Test My Site merupakan tool berikutnya yang bisa Anda manfaatkan.

Google Test My Site adalah sebuah software yang mampu mengukur kecepatan website via perangkat mobile.

Hasil analisanya akan menunjukan kecepatan website Anda dalam hitungan detik. Idealnya kecepatan suatu website berada di bawah 2,5 detik.

2. Pingdom

Tool ini bisa anda gunakan untuk mengetes kecepatan website dari beberapa lokasi. Lokasi yang tersedia mulai dari Asia, Australia, Eropa, hingga Amerika Utara.

Pingdom juga bisa menampilkan berbagai faktor yang menyebabkan website Anda lelet. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan kecepatannya melalui informasi yang ditampilkan oleh tool tersebut.

Baca juga: Meta Tags SEO Friendly

Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai file website yang memberatkan performa website yang Anda miliki. Kemudian Anda bisa mengoptimalkannya untuk meningkatkan kecepatannya.

3. Geek Flare

Tool yang satu ini tergolong baru. Melalui software Geek Flare, Anda bisa mengecek kecepatan website via mobile maupun desktop.

Geek Flare juga menyediakan berbagai informasi di detik ke berapa konten website Anda memulai loading. Selain itu, tool ini juga akan menampilkan informasi di detik berapa website Anda sudah loading secara penuh.

4. KeyCDN Website Speed Test

Melalui KeyCDN Website Speed Test Anda bisa mengecek kecepatan website secara mudah. Di sini Anda bisa mengetahui ringkasan analisis dan juga preview halaman yang sedang diperiksa.

Informasi yang bisa Anda dapatkan pun tergolong lengkap. Pasalnya Key CDN mampu menampilkan status kode HTTP, waktu tunggu/terima, metode request, hingga total waktu download.

Semua data-data tersebut bisa Anda jadikan acuan untuk mengatasi loading page yang lambat.

Baca juga: Tips SEO Blog

Itulah rekomendasi berbagai tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan performa website. Bagi yang sudah membeli hosting murah, Anda bisa langsung menggunakan tools di atas. Selamat mencoba!

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *