Manfaat Blog di Website Bisnis Online Anda

Komunikasi Praktis

Apakah Anda ingin mempromosikan bisnis Anda lewat online? Berikut manfaat blog dalam mengembangkan bisnis online Anda!

Manfaat Blog di Website Bisnis Online Anda

Dalam berbisnis, seseorang tentu saja perlu melakukan kegiatan pemasaran agar produk barang atau jasa yang mereka jual bisa laku dibeli oleh konsumen, termasuk ketika berbisnis secara online

Salah satu caranya adalah menggunakan blog di website bisnis. Mau tahu apa saja manfaat blog bagi website bisnis online Anda? Ayo simak artikel berikut.

Pengertian Blog

Sebelum Anda membuat blog, Anda harus tahu dulu apa blog itu dan fungsinya. Blog adalah sebuah website berbentuk media online yang isinya dapat berupa hal-hal seperti tulisan artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang penulis, yang juga dikenal dengan nama blogger.

Topik-topik yang dapat ditampilkan pada sebuah laman blog seringkali berfokus pada suatu bidang, sebagai contoh gaya hidup, keuangan dan perbankan, kesehatan, teknologi informasi, kuliner, dan politik. Segala macam topik bisa diunggah di laman blog tergantung minat dari si penulis.

Selain untuk kebutuhan pribadi, seseorang juga bisa menggunakan blog untuk kepentingan bisnis, dan manfaat blog dalam bidang bisnis dapat mencakup urusan branding atau pembuatan merek, publikasi, hingga promosi produk kepada calon pembeli.

Manfaat Blog untuk Bisnis Online

Ketika Anda membuka sebuah bisnis, dalam hal ini bisnis online, yang perlu Anda lakukan selain menjual produk kepada konsumen adalah menarik perhatian konsumen. 

Anda harus membuat website Anda terlihat oleh konsumen agar mereka tertarik untuk mengunjungi website bisnis Anda.

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi di masa kini, banyak perusahaan memanfaatkan blog untuk memenuhi sejumlah tujuan, contohnya mempromosikan produk, melakukan riset pasar, dan mendatangkan calon pembeli ke website bisnis atau toko online semacam Tokopedia atau Bukalapak.

Anda juga bisa melakukan hal-hal tersebut apabila Anda memiliki blog khusus di website bisnis online Anda.

Berikut adalah manfaat blog untuk bisnis online Anda:

1. Sarana Publikasi Bisnis

Siapa yang bangga kalau calon konsumen tidak melihat bisnisnya? Tentunya semua pengusaha ingin agar bisnis mereka mendapat publikasi di masyarakat, begitu pula dengan pebisnis online.

Dengan adanya blog di website bisnis Anda, orang-orang akan lebih memperhatikan apa produk yang Anda jual, sekaligus mengurangi biaya membuat iklan untuk kegiatan promosi.

2. Sebagai Portofolio Online

Manfaat blog yang kedua yaitu sebagai portofolio online Anda. Portofolio, yang dapat berbentuk foto, karya tulis, atau projek yang pernah Anda kerjakan adalah bukti bahwa Anda merupakan seorang pengusaha yang profesional dan terpercaya.

Dengan blog, Anda dapat meyakinkan konsumen bahwa produk-produk yang Anda jual patut dicoba oleh konsumen.

3. Promosi Barang/Jasa Tanpa Mengeluarkan Biaya yang Banyak

Mayoritas konsumen lebih senang mempelajari suatu produk dan perusahaan yang membuatnya melalui artikel blog daripada melalui iklan.

Anda dapat menggunakan blog sebagai sarana mengiklankan produk Anda, mulai dari komposisinya, manfaatnya, hingga cara pemakaiannya tanpa harus mengeluarkan uang, dibandingkan jika Anda membuat iklan di TV atau surat kabar.

Sudah Tahu Manfaat Blog di Website Bisnis Online Anda?

Sekarang Anda sekalian tahu apa itu blog dan juga manfaat blog dalam mengembangkan bisnis Anda. Apakah Anda siap untuk mulai membuat blog untuk dipajang di website bisnis online Anda?

Apabila Anda belum tahu dan masih ingin belajar cara-cara membuat blog untuk website bisnis, jangan khawatir. 

Niagahoster telah menyediakan informasi khusus tentang cara membuat blog bagi Anda sekalian yang siap mencoba. Anda tidak dipungut biaya sepeser pun, loh!

Begitulah penjelasan tentang manfaat blog yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Semoga dengan artikel ini, wawasan pengetahuan Anda semakin bertambah. Terima kasih atas perhatiannya.*

Response (1)

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *