5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Database Karyawan

Komunikasi Praktis
5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Database Karyawan

Saat ini penggunaan sistem informasi dalam suatu perusahaan telah menjadi hal yang sangat penting. Adanya persaingan bisnis yang ketat, membuat perusahaan dituntut untuk dapat meningkatkan efektivitas penggunaan SDM yang ada. Perusahaan pun kini banyak yang mulai menerapkan penggunaan software HR yang memiliki fitur database karyawan karena lebih praktis dan efisien. 
Sebelum adanya HR software, perusahaan telah mengelola database karyawan secara tradisional yang biasanya hanya digunakan untuk satu divisi dan memerlukan sinkronisasi secara berkala agar data dapat seragam dan selalu up to date. Karena terlalu ribet dan kurang efisien, digunakanlah HR software yang memiliki berbagai fitur untuk mempermudah kinerja HR dalam mengelola SDM di perusahaan. 
Fitur tersebut langsung terhubung dengan database yang tersimpan secara online sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama terkoneksi dengan jaringan, informasinya pun lebih akurat dan mudah diolah, serta terjamin keamanannya. 

5 Manfaat Aplikasi Database Karyawan

Berikut ini 5 manfaat yang dapat perusahaan Anda dapatkan bila menggunakan aplikasi database karyawan. 
1. Pengurangan Redundancy Data 
Setiap divisi dalam suatu perusahaan tentu membutuhkan data yang akurat dan valid untuk menjalankan tugas yang ada. Dengan menggunakan database karyawan yang ada pada HR software, perusahaan dapat mengurangi redundansi data yang ada pada penyimpanan perusahaan. Adanya redundansi dapat mengakibatkan pemborosan pada ruang penyimpanan data dan menurunkan kualitas data. 
2. Integritas dan Konsistensi Data 
Penggunaan database karyawan tunggal dalam perusahaan dapat meningkatkan integritas dan mengurangi inkonsistensi data. Karena adanya perbedaan kebutuhan data karyawan dalam setiap divisi, database harus dapat memperlakukan setiap divisi sesuai dengan kebutuhannya dengan data yang tetap valid dan akurat. 
3. Penggunaan dan Akses Teratur 
Data dalam database karyawan dapat digunakan oleh seluruh karyawan secara bersama, baik perubahan maupun update. HR software dapat membantu perusahaan dalam menyimpan data karyawan dengan rapi, teratur dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Keamanan data pun terjamin. 
4. Keseragaman Data 
Adanya keseragaman data dalam database karyawan tentu akan mempermudah konfirmasi data saat digunakan. Data yang seragam ini juga dapat mempermudah eksekutif perusahaan dalam mengambil keputusan dengan cepat apabila terjadi kondisi darurat. Hal ini dikarenakan data yang telah tersimpan merupakan data yang valid sehingga dasar pengambilan keputusan akan sangat kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. 
5. Menghemat Biaya Perangkat 
Dengan menggunakan database karyawan dengan sistem terpusat, setiap individu tidak lagi memerlukan perangkat penyimpanan database. Sehingga perusahaan akan dapat menghemat biaya perangkat dan dapat mengoptimalkan pendanaan untuk hal produktif lain yang jauh lebih penting. 
Manfaat-manfaat di atas dapat perusahaan Anda dapatkan bila menggunakan aplikasi database. Salah satu aplikasi database karyawan yang mendukung fitur ini adalah LinovHR. Platform LinovHR merupakan perusahaan penyedia software HR terbaik di Indonesia dan banyak digunakan oleh perusahaan besar sehingga sangat terjamin kualitasnya. 
Tunggu apalagi? Hubungi tim LinovHR sekarang untuk trial gratis!

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *