Teknik dan Gaya Siaran Radio

Komunikasi Praktis
Teknik dan Gaya Siaran Radio

Teknik dan Gaya Siaran Radio. 

TEKNIK siaran radio hakikatnya sama, yaitu mengantarkan lagu, menyapa pendengar, menyampaikan informasi, ngobrol dengan pendengar.

Gaya siaran radio yang membedakan antara satu penyiar dengan penyiar lain dan antara satu acara dengan acara lain.

Gaya siaran dipengaruhi oleh karakter pribadi penyiar dan format program.

Teknik Siaran Radio

Ada dua teknik siaran radio, yaitu siaran dengan bantuan naskah (disebut Script Reading) dan siaran tanpa naskah (disebut Ad Libbing).

  1. Script Reading yaitu penyiar berbicara dengan “membaca” naskah siaran (radio script) yang sudah disiapkan sendiri atau disiapkan script writer.
  2. Ad Libbing yaitu penyiar berbicara tanpa bantuan naskah sama sekali. Ia mengandalkan spontanitas, wawasan, dan kepiawaiannya dalam berbicara di depan mikrofon,

Gaya Siaran Radio

Selain teknik siaran, ada yang disebut gaya siaran. Gaya siaran radio pun ada dua macam, yaitu DJ Style dan PT Style.

  1. DJ (Disk Jockey) Style yaitu gaya siaran nge-DJ, hanya memutar lagu dan berbicara sedikit sekali, misalnya hanya menerima telepon pendengar, baca SMS,  dan menyebutkan judul lagu dan penyanyinya. Ini gaya siaran request lagu dan umumnya dilakukan oleh penyiar di radio anak muda.
  2. PT (Personal Touch) Style yaitu gaya siara dengan mengandalkan wawasan penyiar, memberikan informasi bagi pendengar, selain memutar lagu. Disebut “Sentuhan Pribadi” karena dalam siarannya sang penyiar banyak “tebar pesona” dengan wawasannya yang luas sehingga ia berbagi informasi dengan pendengarnya. 

Demikian Teknik dan Gaya Siaran Radio. (https://www.komunikasipraktis.com).*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *