Sejarah Evolusi Media Massa

Komunikasi Praktis
Sejarah Evolusi Media Massa

Sejarah evolusi media massa dimulai ketika muncul kebutuhan untuk menyebarkan pesan atau informasi kepada orang banyak. Evolusi media diawali dengan tulisan pada batu, tulang, percetakan, elektronik, dan kini internet dengan platform digital.

Media massa membantu menghubungkan orang-orang dan “membawa dunia ke dalam pandangan kita”. Mari kita telusuri sejarah sekaligus asal muasal media massa yang juga dikenal sebagai media publik.

Informasi yang didistribusikan kepada orang-orang dalam skala besar melalui penggunaan televisi, radio, film, surat kabar, internet, majalah, dan buku disebut sebagai media massa.

Bisakah kita membayangkan hidup tanpa ponsel, televisi, atau Internet? Mungkin tidak! Ini adalah fakta bahwa dunia akan menjadi tempat yang jauh lebih besar jika kita tidak memiliki gadget yang meningkatkan konektivitas. 

Kita dapat berkomunikasi dengan mudah, mendapatkan pengetahuan dengan mengklik tombol, dan mengetahui tentang peristiwa dunia saat itu terjadi. Mari kita lihat bagaimana media massa berkembang selama bertahun-tahun.
Sejarah Evolusi Media Massa yang disadur dari laman Entertainism berikut ini tidak mencantumkan Acta Diurna yang diyakini sebagai media massa pertama di dunia, sebagaimana dalam Sejarah Jurnalistik.

Evolusi Media Massa

Sejarah Evolusi Media Massa

Media Massa telah berkembang selama periode kuno ketika raja melindungi penulis dan penyair mereka untuk menulis buku dan membuat drama. 

Kekuatan media massa diketahui dunia. Itu telah membuang dinasti yang perkasa dan menciptakan kerajaan baru. 
Media massa telah membantu dalam menciptakan kesadaran sosial dan juga telah memberi orang cara hidup yang mudah. Media cetak memainkan peran penting dalam peristiwa sejarah seperti, Renaisans, Perang Kemerdekaan Amerika, Revolusi Perancis dan banyak lagi.

Hieroglif

Media massa mulai berkembang sejak 3300 SM (Sebelum Masehi), ketika orang Mesir menyempurnakan hieroglif.  Sistem penulisan ini didasarkan pada simbol. 

Hieroglif adalah aksara Mesir Kuno yang terdiri dari kombinasi elemen logograf dan alfabet. Karakter tersebut terdiri atas gambar dalam bentuk manusia, hewan, atau benda, dan lambang tulisan (menyerupai gambar paku) yang bersifat rahasia atau sulit dipahami maknanya.
Kemudian pada tahun 1500 SM, orang Semit merancang huruf dengan konsonan. Itu sekitar 800 SM. bahwa vokal diperkenalkan ke dalam alfabet oleh orang Yunani.

Buku

Banyak buku ditulis pada zaman kuno, tetapi sumber menegaskan bahwa buku cetak pertama adalah ‘Sutra Intan’ yang ditulis di China tahun 868 M. 

Namun, teknologi percetakan dengan cepat berkembang di Eropa. Tahun 1400 A.D., Johannes Gutenberg, seorang tukang emas Jerman, menemukan mesin cetak tipe bergerak, yang konon berbahan dasar sekrup. 
Buku pertama dicetak pada tahun 1453 M. Salah satu buku yang dicetak adalah, ‘Alkitab Gutenberg’. 
Dari satu kota di Jerman, percetakan menyebar ke seluruh Eropa, seperti api yang membara. Pada tahun 1468 A.D. William Caxton menerbitkan sebuah buku dengan iklan cetak pertama di Inggris. 
Pada tahun 1500 A.D., dua juta eksemplar buku dicetak di negara-negara ini. Dalam seratus tahun berikutnya, pencetakan meningkat menjadi dua ratus juta kopi.

Koran

Surat kabar atau koran berkembang sekitar tahun 1600 M, tetapi bentuk media massa ini membutuhkan waktu lebih dari satu abad untuk mempengaruhi massa secara langsung. 

Surat kabar cetak pertama adalah The Relation. Belakangan, pada tahun 1690, Benjamin Harris mencetak surat kabar kolonial pertama di Boston. 
Terjadi peningkatan sirkulasi surat kabar pada abad ke-19. Makalah Afrika-Amerika pertama berjudul “Jurnal Freedom” diterbitkan pada tahun 1827. 
Menjelang akhir tahun 1900, media cetak dapat ditemukan dalam bentuk buku, pamflet, majalah, dan surat kabar. Surat kabar menyediakan semua informasi yang diperlukan tentang dunia untuk orang-orang di lokasi terpencil. Bahkan saat ini, surat kabar tetap menjadi sumber informasi global yang penting.

Telegraf dan Telepon

Jalur telegraf pertama ditetapkan pada tahun 1844 oleh Samuel Morse. Dan pada tahun 1858, kabel transatlantik pertama dipasang, sehingga memudahkan manusia untuk berkomunikasi.

Telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 yang membawa revolusi dalam bidang komunikasi. Orang-orang sekarang dapat duduk dengan nyaman di rumah mereka dan mengobrol dengan teman dan kerabat di seluruh dunia.

Meski telegraf dan telepon tidak masuk kategori media massa, kedua alat komunikasi ini berperan besar membantu wartawan dalam membuat berita atau proses pemberitaan.

Radio dan Televisi

Sedangkan pada tahun 1885, George Eastman menemukan film fotografi. Film yang dikembangkan oleh Eastman membantu Gilbert Grosvenor memperkenalkan foto-foto di ‘National Geographic’ pada tahun 1899. Media cetak mulai kehilangan popularitasnya pada abad ke-20 dengan munculnya televisi dan radio.

Pada tahun 1894, radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi. Radio bekerja berdasarkan prinsip transmisi gelombang elektromagnetik. Saat transmisi program radio dimulai, itu menjadi sumber hiburan utama bagi publik.

Televisi ditemukan oleh John Logie Baird pada tahun 1925. Transmisi televisi pertama dilakukan pada tahun 1927 oleh Philo Farnsworth. Walt Disney memproduksi film penuh warna pertama di dunia “Bunga dan pohon” pada tahun 1932. 

Selama tahun 1950-an televisi hitam putih menjadi bagian dari rumah tangga Amerika. Apa yang sebelumnya ada di koran sekarang bisa dilihat secara audio-visual. 
Perjalanan Neil Armstrong di bulan disiarkan secara global dalam warna, pada tahun 1969. Media massa dalam bentuk ini menjadi tergantung secara teknologi dan berkembang seiring dengan perkembangan di bidang listrik, semi konduktor dan katoda.tabung sinar.

Internet dan Smartphone

Pada paruh kedua abad kedua puluh, Internet berkembang. Dengan konsep Internet, dunia terhubung secara global. 

Teknologi e-mail berkembang selama tahun 1970-an. Itu adalah Tim Berners-Lee yang datang dengan ide WWW (world wide web) ini pada tahun 1990. Pada tahun 2004 internet broadband menghubungkan lebih dari separuh rumah di Amerika. 
Layanan pesan instan diperkenalkan pada tahun 2001. Sejak diperkenalkan, Internet telah memberi kita informasi dan konektivitas. Saat ini, ada lebih dari dua miliar orang yang menggunakan Internet. 
Dunia sekarang ada di ujung jari kita. Dengan mengklik tombol kita dapat mencari apa pun yang kita inginkan.
Belakangan ini, pengenalan smartphone telah membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia. Orang tidak perlu menunggu berjam-jam untuk memanfaatkan informasi berharga. 
Portabilitas perangkat ini merupakan keuntungan tambahan. Ponsel cerdas memiliki fitur khusus seperti layar sentuh, GPS, browser web, konektivitas Wi-Fi, dan banyak lagi aplikasi yang menambah kenyamanan dan kemudahan.

Penemuan Penting

  • Komputer Charles Babbage
  • Ponsel Martin Cooper
  • Percetakan Johannes Gutenberg
  • Televisi J.L. Baird
  • Radio Marconi.
  • World Wide Web (WWW) Tim Berners-Lee

Media massa adalah kekuatan super yang telah menghubungkan dunia dalam berbagai cara. Kita menganggap media hanya sebagai surat kabar, televisi, dan Internet, tetapi telah hadir dalam beberapa bentuk sejak ratusan tahun. 

Siapa yang tahu bentuk komunikasi apa yang mungkin kita miliki seratus tahun dari sekarang? Akankah ponsel bekerja dengan kekuatan pikiran? Peradaban akan maju dan caranya berbagi pemikiran cerdas akan terus berkembang seiring waktu.

Demikian sejarah singkat evolusi media massa.*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *