Record Screen: Cara Merekam Layar Komputer di Windows 10

Komunikasi Praktis
Record Screen: Cara Merekam Layar Komputer di Windows 10

Record Screen atau merekam layar komputer/laptop sangat mudah. Salah satu caranya dengan menggunakan fitur Game Bar di Windows 10. Berikut ini Cara Merekam Layar Komputer di Windows 10.
Untuk menangkap gambar di layar, kita bisa manfaatkan Print Screen. Tinggal tekan Prt Src di keyboard komputer, gambar otomatis terekam atau tersimpan.

Cara Merekam Layar Komputer di Windows 10

Windows 10 memiliki perekam layar bawaan yang dapat Anda gunakan tanpa menginstal tambahan apa pun. 
Namun, ini hanya tersedia jika Anda memiliki kartu grafis dengan Intel Quick Sync H.260 (model 2011 atau lebih baru), Nvidia NVENC (model 2012 atau lebih baru), atau AMD VCE (model 2012 atau lebih baru kecuali Oland. 
Jadi, jika Anda kembali mengalami masalah, pastikan komputer Anda sesuai spek.
Bagi mereka yang memiliki perangkat keras yang tepat, berikut cara melakukannya. Sekarang, fitur ini ditujukan untuk para gamer, tetapi dapat digunakan dengan materi layar apa pun!
1. Tekan tombol WINDOWS dan G. Kemudian, di pop up pilih “Ya, ini adalah permainan”.
Record Screen: Cara Merekam Layar Komputer di Windows 10

2. Mulai Merekam

Anda dapat menggunakan tombol merah pada bilah untuk memulai dan menghentikan perekaman, atau menggunakan menu pengaturan untuk menyetel waktu jeda otomatis untuk perekaman Anda.

Record Screen: Cara Merekam Layar Komputer di Windows 10

Setelah selesai, file akan disimpan sebagai MP4 di folder VideosCaptures Anda. Itu dia cara Record Screen menggunakan fitur bawaan Windows 10, yaitu Game Bar.
Simak video cara merekam layar menggunakan Game Bar berikut ini:

Record Screen Menggunakan Microsoft Powerpoint

Anda memiliki Office PowerPoint di komputer Anda? Kemudian Anda dapat menggunakan program untuk membuat screencast, bukan hanya presentasi.
Biasanya, ini akan menyematkan rekaman layar pada slide, tetapi Anda juga dapat memilih untuk menyimpannya sebagai file. Inilah cara melakukannya.

1. Buka Microsoft PowerPoint. Kemudian pilih tab Sisipkan dan Perekaman Layar.

Record Screen Menggunakan Microsoft Powerpoint

2. Selanjutnya, pilih bagian mana dari layar Anda yang ingin Anda rekam dengan alat Select Area. 
Jika Anda menggunakan Office 2016 atau yang lebih baru, Anda juga dapat menggunakan tombol pintas WINDOWS + SHIFT + A. Klik dan seret tanda silang untuk memilih area perekaman Anda. 
Jika Anda tidak ingin merekam audio, tekan WINDOWS + SHIFT + U untuk mengaktifkannya.
3. Setelah Anda siap, tekan tombol Rekam.

Panel kontrol kecil akan hilang kecuali disematkan, tetapi Anda dapat membuatnya muncul kembali dengan menggerakkan mouse ke tepi atas layar..

Record Screen Menggunakan Microsoft Powerpoint

Rekam Layar dengan OBS Studio

Jika Anda bukan penggemar PowerPoint atau menginginkan alat khusus untuk perekaman layar biasa, OBS Studio adalah perangkat lunak perekaman video yang hebat. 
Ini open source, tidak memberi tanda air atau membatasi waktu pada konten Anda, dan menawarkan banyak fitur pengeditan yang kuat juga. Ini juga mendukung streaming langsung pada 60FPS dan merupakan pilihan populer untuk ini juga.
1. Download OBS Studio
Sebelum memulai, Anda harus mengunduh OBS Studio dari situs web mereka di sini. 
2. Setting
Karena ini adalah program berfitur lengkap, Anda harus menjalankan beberapa pengaturan dan pengaturan dasar sebelum memulai.
Ini berarti Anda harus memeriksa semua pengaturan seperti mengaktifkan/menonaktifkan perekaman otomatis, pengaturan streaming, bitrate, kecepatan pengambilan sampel audio, hotkey, dan format penamaan file. 
Apa yang Anda pilih untuk ini akan tergantung di mana Anda berencana untuk menampilkan video Anda dan kemampuan komputer Anda.

Atau, studio OBS memang menawarkan wizard pengaturan otomatis yang dapat memilih beberapa hal untuk Anda.

OBS Studio

3. Rekam!

Setelah semua pengaturan, Anda dapat memulai dengan tangkapan layar dasar. 
Pertama, letakkan OBS di “Studio Mode” sehingga sisi kiri bertuliskan ‘preview’ dan sisi kanan bertuliskan ‘live’.

OBS Studio

Untuk menyiapkan tangkapan layar, pilih Sumber > + > Tangkapan Jendela > Buat Baru. Di daftar tarik-turun yang muncul, pilih jendela yang ingin Anda rekam.

OBS Studio

OBS Studio

Ini akan menempatkan jendela Anda di panel ‘pratinjau’. Jika terlihat seperti yang Anda inginkan, klik transisi di tengah layar. Jika tidak, seret sudut merah hingga pratinjau disesuaikan dengan ukuran yang Anda inginkan.

Kemudian, klik Mulai Merekam dan Berhenti Merekam untuk membuat video Anda. 

Secara default, ini disimpan sebagai file flv di folder pengguna/video, tetapi Anda dapat mengubah jalur ini dan menyimpan jenis di pengaturan.

OBS Studio

OBS Studio adalah perangkat lunak yang sangat kuat, dan mungkin salah satu program gratis terbaik untuk membuat rekaman layar atau streaming. 

Fitur-fiturnya jauh melampaui pengaturan sederhana yang ditunjukkan di sini. Sayangnya, itu tidak datang dengan banyak materi tutorial sehingga Anda perlu menemukan sebagian besar sumber daya Anda dari komunitas online.
Itu dia Record Screen: Cara Merekam Layar Komputer di Windows 10. Merekam layar komputer biasanya diperlukan untuk membuat video tutorial. Anda bisa menunjukkan secara langsung di komputer, lalu direkam, dan dibagikan di YouTube atau di website Anda.*
Sumber: Software How

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *