Perbedaan Podcast dan Radio

Komunikasi Praktis
Perbedaan Podcast dan Radio

Podcast merupakan produk digital dan media baru di era internet. Sekilas, podcast mirip radio karena sama-sama berupa audio dan berisi siaran. 

Podcast bahkan disebut Steve Jobs sebagai “generasi baru radio” (the nex generation of radio). Podcast dan radio berbeda. Berikut ini Perbedaan Podcast dan Radio.

Perbedaan Podcast dan Radio

Podcast telah ada selama lebih dari satu dekade sekarang, tetapi masih ada semacam kegelisahan dalam mendefinisikannya sebagai media. 

Dengan menjamurnya perangkat portabel, yang sering terhubung langsung ke Internet, audiens telah berpindah dari stasiun radio tradisional ke podcast yang berpikiran maju. 
Sepertinya semakin banyak podcast yang terus bertambah setiap hari. Sementara podcasting berbagi banyak praktik produksi dengan radio, ada beberapa perbedaan yang melekat antara kedua media. 
Podcasting adalah bentuk penyiaran yang relatif baru karena memfasilitasi masuknya produksi kreatif audio untuk individu dan kelompok tanpa latar belakang penyiaran. 
Garis-garis di antara media-media ini telah kabur, tetapi garis-garis itu memang ada dan kita perlu memahaminya.

Pengertian Podcast

Podcast adalah perpaduan antara iPod dan broadcast (siaran). Podcast adalah serangkaian file audio atau video digital yang disajikan sebagai episode untuk diunduh pengguna untuk didengarkan. 

Proliferasi perangkat portabel yang memutar audio dan video dan sering didukung Internet, telah menyebabkan pengembangan bentuk media baru yang disebut podcast. 
Idenya adalah untuk memproduksi dan berbagi konten tentang topik tema tertentu yang dapat dengan mudah diunduh ke perangkat seluler sehingga orang dapat mendengarkan podcast favorit mereka saat bepergian.

Jadi, podcast adalah siaran berupa monolog, talkshaw, atau obrolan tentang suatu topik, layaknya radio talkshow. Namun, ia berupa rekaman dan disimpan atau dipublikasikan di platform podcast seperti Spotify dan Google Podcast.

Podcat ini bisa didengarkan langsung secara online, bisa juga secara offline dengan diunduh terlebih dulu dan disimpan di smartphone atau di komputer/laptop untuk didengarkan kapan saja.

Apa itu Radio?

Perbedaan Podcast dan Radio tergambar dalam pengertian radio. Radio adalah seni menyiarkan program suara untuk didengarkan oleh publik melalui gelombang radio. 

Radio adalah “media buta” yang menyerang penyiar dan pendengar sama dan menarik khalayak massa melalui transmisi berita, musik, laporan cuaca, dan program menarik lainnya dari stasiun siaran tunggal. 
Saat ini, radio digunakan dalam teknologi seperti telepon seluler, GPS, televisi, kontrol radar dan banyak lagi. 
Radio identik dengan musik, meski radio juga menyajikan informasi (berita) dan sandiwara radio mirip sinetron di televisi.

Perbedaan Podcast dan Radio

Berikut ini detail Perbedaan Podcast dan Radio.

1. Media

– Radio adalah media pengikat yang menyerang semua orang, penyiar dan pendengar. Komunikasi radio adalah media hiburan paling populer hingga saat ini dan jaringan radio telah berkembang menjadi organisasi besar selama bertahun-tahun, menyentuh setiap sudut dunia melalui afiliasi dengan stasiun lokal. Radio adalah seni program siaran untuk didengarkan oleh masyarakat melalui gelombang radio. 

– Podcast adalah, dengan cara tertentu, konten radio yang diremediasi yang berfokus pada topik atau tema tertentu dan disajikan sebagai serangkaian file audio digital untuk diunduh dan didengarkan oleh pendengar.

2. Jadwal, Schedule

Praktik podcasting bukan sekadar pengulangan radio, melainkan merupakan bentuk media baru di mana mode produksi, presentasi, keterlibatan audiens, dan tujuan dengan jelas menggambarkan antara kedua media tersebut. 

Perbedaan utama antara keduanya adalah penjadwalan. Anda memiliki jadwal yang telah ditentukan sebelumnya dengan acara radio yang harus Anda patuhi. 
Ada jadwal tetap kapan cerita diceritakan atau kapan ada waktu berita atau kapan waktunya untuk laporan cuaca harian. Dengan podcast, tidak ada batasan waktu karena pendengar dapat mengunduh dan mendengarkan konten kapan saja mereka mau.

3. Audience

Perbedaan utama lainnya antara podcast dan radio adalah audiens yang mereka minati. 

Radio adalah media komunikasi massa yang menggunakan beberapa jenis konten yang berbeda untuk menarik khalayak massa. Konten berfokus pada berbagai topik sambil tetap memperhatikan minat pendengar. 
Radio menarik audiens yang setia dan sebagian besar melibatkan penduduk pedesaan di media arus utama. Podcast, di sisi lain, melalui kontennya yang disesuaikan dan kaya fitur, menarik audiens yang lebih khusus. Salah satu keuntungan besar dari podcasting adalah Anda benar-benar dapat melihat berapa banyak orang yang telah mengunduh podcast.
Perbedaan lainnya, penyiar dan pendengar radio bisa interaksi langsung melalui SMS, telepon, atau WhatsApp secara real time saat siaran berlangsung. Podcast tidak demikian, bahkan pendengar podcast tidak bisa memberikan respons atau komentar langsung di kanal podcast.

4. Isi, Content

Perbedaan utama antara podcast dan radio adalah pengiriman konten. Podcast adalah serangkaian file audio digital yang sebagian besar sudah direkam sebelumnya, artinya siapa pun yang memiliki perangkat media portabel dapat mengunduh podcast dan menyimpannya di perangkat mereka dan dapat mendengarkannya kapan saja dan di mana saja mereka mau. 

Ada juga live podcast yang disajikan secara langsung untuk didengarkan oleh penonton secara real time. Acara radio, di sisi lain, sebagian besar adalah siaran langsung yang berarti konten tidak dapat diformat ulang atau diedit setelah ditayangkan. Podcast dapat diformat dalam beberapa bagian dan dapat direkam ulang.
Konten radio juga cenderung lebih fokus pada topik yang sedang tren dan acara yang layak diberitakan daripada tema yang selalu hijau. Podcast adalah acara yang direkam sebelumnya yang pendengar streaming pada kenyamanan mereka atau download untuk mendengarkan nanti. Host podcast memilih topik untuk difokuskan, merekam audio, lalu mengedit sebelum dipublikasikan.

5. Umur simpan, Shelf Life

Radio lebih merupakan media instan yang berarti begitu acara radio mengudara, itu menyala dan setelah beberapa saat hilang dan menghilang ke udara tipis. 

Setelah pertunjukan selesai, Anda tidak dapat kembali dan melanjutkan ke yang berikutnya. Sebagai pendengar, Anda tidak dapat mendengarkan acara yang sama lagi setelah selesai. Ini tidak terjadi dengan podcast. 
Faktanya, podcast selalu ada dan siapa pun dapat mendengarkan episode podcast favorit mereka kapan pun mereka mau, meskipun episode tersebut sudah lama. 
Podcast memiliki umur simpan yang lama dan tidak seperti acara radio, podcast dapat didengarkan berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian.

Ringkasan

Sementara podcasting berbagi banyak praktik produksi dengan radio, ada beberapa perbedaan yang melekat antara kedua media. 

Praktik podcasting bukan sekadar pengulangan radio, melainkan bentuk media baru di mana mode produksi, presentasi, keterlibatan audiens, dan tujuan dengan jelas menggambarkan antara kedua media tersebut. 
Salah satu perbedaan utama antara kedua media adalah bahwa acara radio memiliki jadwal yang ditetapkan dan ada batasan waktu, sedangkan dengan podcast, tidak ada batasan waktu dan episode dapat sepanjang atau sesingkat yang Anda inginkan. (Sumber)

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *