Pengertian Parafrase dan Contohnya

Komunikasi Praktis

Pengertian Parafrase dan Contohnya
Pengertian parafrase dan contohnya. (Image Source)

Pengertian Parafrase dan Contohnya. Komunikasi Praktis sudah menayangkan beberapa postingan tentang parafrasa atau parafrase: parafrase dan plagiarisme, parafrase dan blogger, dan alat parafrase.

Apa itu parafrase? Berikut ini Pengertian Parafrase dan Contohnya, serta kaitannya dengan plagiarisme atau plagiat yang dihimpun dari berbagai sumber. 

Pengertian Parafrase

Istilah parafrase berasal dari bahasa Inggris, paraphrase atau paraphrasing. Dalam bahasa Indonesia disebut “parafrasa” (baku) dan “parafrase” (tidak baku). Istilah parafrase lebih sering digunakan ketimbang parafrasa.

Kata “parafrase” berasal dari bahasa Latin, paraphrasis, dan bahasa Yunani, paraphrasein. Keduanya sama-sama memiliki arti “cara ekspresi tambahan”.
Secara praktis, parafrase adalah menulis ulang gagasan atau tulisan orang lain dengan kata-kata sendiri.
Parafrase berarti menulis ulang frase (kelompok kata) atau kalimat dengan kata-kata Anda sendiri tanpa menyalinnya dan yang terpenting, ingatlah bahwa artinya tetap sama dan kalimat yang Anda tulis ulang tidak boleh persis sama dengan kalimat asli kata demi kata. (IELT)

Parafrasa (paraphrase) merupakan cara untuk menggunakan teks dalam tulisan sendiri tanpa langsung mengutip materi sumber. 

Setiap kali Anda mengambil informasi dari sumber yang bukan milik Anda, Anda perlu menentukan dari mana Anda mendapatkan informasi itu.

Parafrase adalah pengungkapan kembali suatu tuturan menjadi tuturan yang lain tanpa mengubah pengertian. Biasanya, istilah parafrase digunakan untuk menjelaskan bahwa seseorang membuat suatu tulisan dari tulisan orang lain, namun dengan bahasanya sendiri.

Penulis harus tetap menuliskan sumber utama gagasan yang dituliskan dalam daftar pustaka, meskipun teks tersebut dibuat ulang dengan kalimat sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa indonesia (KBBI Daring), parafrase adalah pengungkapan kembali suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa menjadi tuturan yang lain tanpa mengubah pengertian

Arti lain parafrase adalah penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi.

Menurut Kamus Oxford Advanced Leaner‟s Dictionary, parafrase merupakan “cara mengekspresikan apa yang telah ditulis dan dikatakan oleh orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda agar membuatnya lebih mudah untuk dimengerti.”

Laman OWL Purdue mengarikan parafrase sebagai berikut: 

  • kemampuan seseorang untuk menulis ulang ide atau gagasan orang lain dengan kata-katanya sendiri dan ditampilkan dalam bentuk yang baru;
  • merupakan cara yang legal dan syah dalam meminjam gagasan orang lain;
  • sebuah pernyataan ulang (restatement) yang lebih lengkap dan detail dibandingkan dengan sebuah ringkasan.

Ringkasnya, parafrase adalah bentuk pengungkapan kembali suatu kata, bahasa, kalimat atau pernyataan.

Dalam kalimat lain, parafrase adalah pengungkapan kembali suatu teks dalam bentuk ataupun kata-kata yang berbeda, tapi isinya tetap menjelaskan makna yang sama.

Bukan Plagiarisme

Parafrase merupakan salah satu cara meminjam gagasan/ide dari sebuah sumber tanpa menjadi plagiat.

Parafrase adalah suatu cara yang digunakan oleh para penulis untuk terhindar dari tindakan plagiarisme dengan cara memberikan kutipan tidak langsung dari teks aslinya.

Plagiarisme adalah aktivitas menjiplak yang melanggar hak cipta, dan bisa dikategorikan pencurian dan pemalsuan karya dari orang lain. 

Parafrase bisa menghindarkan penulis dari praktik plagiarisme. Dengan menyajikan ide pencipta karya dengan bahasa sendiri, kamu bisa terbebas dari plagiarisme. Namun, tentunya dengan tidak mengubah isi dan makna dari tulisan sumber.

Selain itu, penulis juga harus tetap menuliskan sumber utama gagasan yang dituliskan dalam daftar pustaka, meskipun teks tersebut dibuat ulang dengan kalimat sendiri. 

Jadi, seorang penulis harus memperkaya padanan kata serta memperluas pengetahuan umum agar bisa mengembangkan isi dari tulisan dengan parafrase.
Anda juga bisa menggunakan parafrasa untuk menghindari terlalu banyak kutipan langsung. Parafrasa memadatkan ide dalam kutipan dan mengubah bahasa orisinal. Parafrasa tetap harus diberi referensi. Jika tidak, berarti Anda melakukan plagiarisme.
Tujuan Parafrase

Manfaat parafrasa yaitu membuat gagasan lebih mudah untuk dimengerti.

Tujuan parafrase berikutnya yaitu supaya gagasan yang disampaikan lebih mudah dimengerti. Melakukan parafrase mampu membantu menyebarluaskan kembali informasi sumber dengan bahasa yang mudah agar bisa dimengerti oleh banyak orang.

Untuk memparafrasekan sebuah sumber, suatu bagian harus ditulis ulang tanpa mengubah konteks teks aslinya. Parafrase adalah alternatif dari mengutip, di mana Anda menyalin dan mengutip kata-kata orang lain dengan tepat.

Contoh Parafrase

Berikut ini Contoh Parafrase yang dikutip dari laman Gramedia.

Contoh Parafrasa Pada Suatu Kalimat

Kalimat asli:

“Seorang Penulis harus dapat mengorganisasi suatu pekerjaan dengan baik agar ia dapat menghasilkan artikel berkualitas secara terus-menerus.”

Parafrasa; 
“Untuk menciptakan konten yang berkualitas, seorang penulis harus dapat mengorganisasi tugas-tugas yang diberikan kepadanya dengan baik.”

Contoh Parafrasa Pada Suatu Paragraf

Naskah asli:

“Blogger itu sering sekali bersikap berlebihan dalam menggunakan kata kunci tertentu di dalam menulis suatu artikel. Akibatnya, para pembaca menjadi tak nyaman ketika ia membaca kata kunci yang disebutkan secara berulang-ulang di dalam satu artikel”

Parafrasa:

“Karena terlalu sering mengulang suatu keyword dalam satu artikel blogger, sehingga dapat membuat pembacanya merasa tak nyaman ketika membaca apa yang ia tulis”

Parafrase Online

Parafrase bisa dilakukan secara manual dan otomatis. Secara otomatis, kita bisa menggunakan website parafrase.

Website untuk Parafrase Tulisan antara lain:

  • Paraphrasing-tool.com.
  • Goparaphrase.com.
  • Paraphrase.online.
  • Seomagnifier.com/online-paraphrasing-tool.
  • Yourparaphrase.com.
  • Seotoolscenter.com/article-rewriter-tool.
  • Plagiarisma.net/spinner.php.
  • Seowagon.com/article-rewriter.
Demikian pengertian parafrase dan contohnya, plus manfaat atau tujuan parafrasa dan alat parafrase online otomatis.

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *