Pengertian Laptop, Asal Kata, dan Sejarahnya

Komunikasi Praktis
Pengertian Laptop, Asal Kata, dan Sejarahnya

Laptop atau komputer laptop merupakan perangkat elektronik produk teknologi informasi dan komunikasi. Laptop menjadi perangkat kerja utama bagi sebagian orang. 

Presentasi virtual dan zoom meeting biasa dilakukan dengan laptop. Tapi, tahukah Anda pengertian laptop dan bagamana sejarahnya?
Berikut ini ulasan tentang pengertian dan sejarah laptop. Kita akan tahu kenapa komputer tipis dan portabel ini disebut laptop dan kapan dibuat pertama kali.

Pengertian Laptop

Kita mengenal laptop sebagai komputer yang portable atau mudah dibawa ke mana-mana dan cocok digunakan saat berpergian.

Secara bahasa, dalam bahasa Indonesia, laptop diartikan sebagai “komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakup papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang” (KBBI)

Dalam bahasa Inggris, laptop diartikan sebagai “sebuah komputer portabel”. Jadi, intinya laptop adalah komputer, dalam hal ini jenis komputer portabel dengan bentuk fisik tipis dan berbeda dengan jenis komputer lainnya –komputer desktop.

Secara istilah, laptop didefinisikan sebagai “komputer portabel, biasanya bertenaga baterai, cukup kecil untuk diletakkan di pangkuan pengguna dan memiliki layar yang menutup keyboard seperti penutup.”
Laptop juga disebut komputer pribadi (personal computer) dengan dimensi portabel yang kita semua kenal dan sukai.

Sebutan sekaligus nama singkatan laptop adalah lappy. Lappy adalah bentuk pendek informal untuk kata laptop.

Laptop juga disebut notebook (buku catatan). Ada lagi laptop dengan ukuran lebih kecil (6-11 inchi) yang disebut netbook —dari kata net (internet) dan book
Kalau netbook artinya “komputer laptop kecil yang dirancang terutama untuk mengakses aplikasi berbasis internet“.

Asal Kata Laptop

Kata laptop berasal dari bahasa Inggris dari kata lap yang artinya “pangkuan” dan top yang artinya “atas”. 

Jadi, secara etimologis, pengertian laptop adalah komputer yang bisa digunakan di atas pangkuan. Berbeda dengan komputer desktop yang biasa disimpan di atas meja –dari kata desk (meja) dan top (atas).

Keunggulan dari laptop antara lain adalah karena portabilitasnya, desainnya yang kecil dan simpel sehingga dapat digunakan dimana saja. 

Laptop lebih praktis dan mudah saat digunakan, karena segala peralatannya sudah di rakit dalam satu perangkat yang kecil.

Sejarah Laptop

Sejarah laptop awalnya ditandai dari kemunculan IBM Portable PC 5100 tahun 1975. Ini adalah komputer mikro pertama yang dibuat khusus untuk kebutuhan matematika dan engineering. 

Setelah itu, bermunculan produk yang memiliki fitur yang lebih lengkap seperti Rockwell AIM 5, IBM Portable PC 5110, hingga Heathkit H9.

Berikut ini timeline sejarah laptop yang disadur dari halaman Computer Hope.

1975 

Komputer portabel pertama adalah IBM 5100 , dirilis pada September 1975. Beratnya hanya 55 pon. Meskipun tidak benar-benar laptop menurut standar saat ini, hal itu membuka jalan bagi pengembangan komputer yang benar-benar portabel, yaitu laptop yang kita kenal sekarang.

1976 

Alan Kay mendapatkan ide komputer laptop tahun 1976 saat bekerja di Xerox PARC , menyebutnya Dynabook . Dia membantu mengembangkan prototipe Dynabook miliknya, yang secara resmi diberi nama Xerox Note Taker.

1979 

Bill Moggridge merancang Kompas GRID pada tahun 1979, komputer paling portabel saat itu dan contoh terdekat dari komputer laptop. NASA menggunakan Kompas GRID dalam program pesawat ulang-alik mereka di awal 1980-an.

1981

Dikembangkan oleh Adam Osborne pada bulan April 1981, Osborne I adalah komputer portabel pertama yang sesungguhnya dan diakui sebagai komputer laptop sejati pertama. Beratnya 24½ pound dan memiliki layar 5″.

Epson merilis Epson HX-20 pada tahun 1981. Itu adalah komputer portabel pertama dengan printer built-in.

1983 

Radio Shack merilis komputer portabel TRS-80 Model 100 di Amerika Serikat pada tahun 1983. Ini menampilkan LCD , salah satu komputer portabel pertama dengan fitur tersebut. TRS-80 Model 100 awalnya diproduksi oleh Kyocera dan dijual di Jepang, tetapi kemudian haknya dijual ke Radio Shack.

1984 

Commodore merilis Commodore SX-64 pada tahun 1984, komputer portabel pertama yang menampilkan layar tampilan penuh warna. Beratnya sekitar 20 pon dan dijual seharga $995.

1986 

IBM merilis laptop pertama mereka, PC Convertible , pada tahun 1986. Beratnya 12 pon, menjadikannya laptop pertama di bawah 15 pon.

1987 

Angkatan Udara AS mengeluarkan RFP (permintaan proposal), yang mengarah ke pembelian lebih dari 200.000 laptop. Kontrak pembuatan dan pembelian laptop ini diberikan kepada Zenith Data Systems . Pembelian laptop dalam jumlah besar oleh Angkatan Udara membantu membuka jalan bagi popularitas komputer laptop.
Hewlett-Packard merilis laptop Vectra Portable CS pada tahun 1987. Ini adalah salah satu laptop pertama yang menampilkan floppy disk drive 3 ½” yang mampu menggunakan disket 1,44 MB.
1988 
Compaq merilis komputer laptop pertama mereka pada tahun 1988, Compaq SLT/286 . Itu adalah laptop bertenaga baterai pertama yang menampilkan grafis VGA dan hard drive internal .

1989 

Apple merilis laptop pertama mereka, Macintosh Portable , pada bulan September 1989. Dengan harga $6500 saat rilis, laptop ini tidak laku dan bukan laptop yang populer.

1989 

NEC merilis NEC UltraLite pada tahun 1989, dianggap sebagai laptop gaya notebook pertama, dengan berat kurang dari 5 pon.

1991 

Setelah kegagalan laptop Macintosh Portable mereka, Apple mengerjakan kembali konsep laptop mereka dan merilis jajaran laptop PowerBook pada Oktober 1991.

1992 

Microsoft dan Intel bekerja sama untuk mengembangkan dan merilis spesifikasi APM ( manajemen daya lanjutan ) untuk komputer laptop.

1992 

Olivetti mengembangkan dan merilis laptop pertama yang menampilkan touchpad pada tahun 1992.

1994 

IBM merilis ThinkPad 775CD pada tahun 1994, laptop pertama yang menampilkan drive CD-ROM terintegrasi .

2002 

Toshiba merilis Toshiba Portege 2000 pada tahun 2002, laptop tertipis yang dikembangkan dengan ukuran hanya ¾ inci pada bagian paling tebal. Itu juga menampilkan hard drive 1,8 inci pertama di laptop.

2003 

Toshiba merilis Toshiba Portege M100 pada tahun 2003, yang merupakan laptop pertama yang menampilkan drive DVD-ROM tipis .

2007 

ASUS merilis Eee PC 701 pada Oktober 2007, yang merupakan netbook pertama yang tersedia. Ini menampilkan layar 7″, prosesor Intel Celeron -M, dan disk penyimpanan SDHC 4 GB.

Demikian pengertian laptop, asal kata laptop, dan sejarah laptop.*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *