Pengertian Berita secara Bahasa, Istilah, dan Jenis-Jenisnya

Komunikasi Praktis
Memahami pengertian berita secara bahasa, istilah, dan jenis-jenisnya merupakan bagian dari literasi media.
Pengertian Berita Secara Bahasa, Istilah, dan Jenis-Jenisnya

Setiap hari kita membaca berita untuk mengetahui informasi tentang sebuah peristiwa. Dulu berita ada di surat kabar, radio, dan televisi. Kini berita ada di ponsel pintar (smartphone), tablet, dan komputer yang terkoneksi dengan internet.
Berita diproduksi oleh wartawan dan dipublikasikan di media massa atau media pers. Wartawan meliput sebuah peristiwa melalui teknik reportase dan menyebarkannya di media tempatnya bekerja.
Berita merupakan produk utama jurnalistik dan sajian utama media massa. Apa itu berita? Ulasan berikut membahas pengertian berita dna jenis-jenis berita.

Pengertian Berita secara Bahasa

Istilah berita dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Sanskerta, vrit. Ada pula yang menyebutnya vritta, yang artinya “kejadian” atau hal apa pun yang telah terjadi.
Secara bahasa, pengertian berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar; laporan; pemberitahuan; pengumuman (KBBI).
Dalam bahasa Inggris, berita disebut news. Dalam Britannica, news yang artinya:
  • informasi baru atau laporan tentang sesuatu yang telah terjadi baru-baru ini (new information or a report about something that has happened recently).
  • informasi yang dilaporkan di surat kabar, majalah, program berita televisi, dll. (information that is reported in a newspaper, magazine, television news program, etc.)
Jadi, secara bahasa, pengertian berita adalah informasi tentang peristiwa atau kejadian.
Informasi peristiwa bisa dibuat dan disebarkan oleh bukan wartawan di akun media sosialnya atau di websitenya. Namun, informasi itu tidak disebut berita karena tidak dibuat olah wartawan dan tidak dipublikasikan di media massa atau media pers.
Apalagi non-jurnalis tidak terikat kode etik jurnalistik dalam membuat berita dan media publikasinya juga bersifat perorangan, tidak melembaga seperti media massa yang berbadan hukum dan dikelola sebuah tim atau manajemen (redaksi).

Pengertian Berita secara Istilah

Pengertian berita secara istilah banyak ditemukan di literatur jurnalistik. Para ahli (akademisi dan praktisi) memberikan definisi beragam tentang berita, namun hakikatnya sama, yakni berita adalah sebuah informasi tentang kejadian yang dipublikasikan di media massa.
Berikut ini beberapa pengertian berita menurut para ahli sebagaimana dikutip Kompas dari buku Rambu-Rambu Jurnalistik (2020) karya Bagus Samsito Edi Wahono. 
Secara umum, berita bisa diartikan sebagai laporan tentang fakta ataupun ide terbaru yang sifatnya menarik, benar, atau penting bagi sebagian besar masyarakat. 
Berikut beberapa pengertian berita menurut para ahli: 
Nasution: Berita adalah laporan terkait peristiwa-peristiwa yang terjadi dan ingin diketahui secara umum, bersifat aktual, telah terjadi dalam lingkungan pembaca, berhubungan dengan tokoh terkemuka, dan akibat peristiwa tersebut bisa berpengaruh kepada pembaca”. 
Djuraid: Berita merupakan suatu laporan ataupun pemberitahuan mengenai terjadinya peristiwa atau keadaan bersifat umum dan baru saja terjadi, yang disampaikan oleh wartawan media massa. 
Jani Yosef: Pengertian berita adalah laporan terkini tentang fakta penting atau menarik bagi khalayak, yang disebarluaskan lewat media massa. 
Hoeta Soehoet: Berita adalah keterangan mengenai peristiwa atau isi pernyataan manusia. 
Doug Newson dan James A. Wollert: “Berita adalah apa saja yang ingin dan perlu diketahui orang atau lebih luas lagi oleh masyarakat”. 
Paul De Maeseneer: Berita adalah informasi mengenai kejadian baru bersifat penting dan bermakna (signifikan), yang berpengaruh pada pendengarnya serta relevan dan layak dinikmati oleh mereka. 
Dean M. Lyle Spencer: “Berita ialah kenyataan ide secara benar dan dapat menarik perhatian lebih besar bagi para pembacanya”
Adi Negoro: Berita adalah suatu pernyataan antara manusia yang saling memberitahukan satu sama lainnya. 
Freda Morris: Berita adalah sesuatu yang baru, penting, dan dapat memberi dampak dalam kehidupan manusia. Menurutnya, berita terdiri dari unsur baru, penting, serta bermanfaat bagi manusia.
Dari pengertian berita di atas dapat disimpulkan, berita adalah informasi peristiwa terbaru, menarik, dan penting diketahui publik yang disebarkan melalui media massa cetak, penyiaran, dan media online.

Unsur Berita

Sebuah berita memiliki beberapa unsur yang dapat memberikan pemahaman lengkap kepada publik atau audiens. 
Unsur berita terdiri dari 5W+1H:
  • Who: Siapa yang terlibat (pelaku, korban, sanksi, tokoh utama, dll.).
  • What: Apa kejadiannya (nama peristiwa, nama acara).
  • Where: Di mana peristiwanya (tempat  atau lokasi kejadian).
  • Why: Kenapa terjadi (penyebab kejadian, tujuan acara, latar belakang peristiwa)
  • When: Kapan kejadiannya (waktu kejadia, jam dan hari/tanggal)
  • How: Bagaimana kejadiannya (detail, kronologis, rincian kejadian, suasana acara).
Contoh berita bisa dilihat di halaman depan situs-situs berita seperti Antara, Detik, Kompas, dan ribuan situs berita online.
Berikut ini contoh berita di laman situs berita Antara (30/11/2022).
BMKG prakirakan sebagian wilayah Indonesia alami cuaca berawan

Rabu, 30 November 2022 06:45 WIB

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mengalami cuaca berawan pada Rabu.

Dalam laman www.bmkg.go.id dikutip ANTARA di Jakarta, Rabu, potensi cuaca berawan pada siang hari bakal terjadi di Bengkulu, Yogyakarta, Semarang, Samarinda, Bandar Lampung, Pekanbaru, Mamuju, Manado, Padang, dan Palembang. Namun cuaca di Ternate akan berawan tebal.

Cuaca cerah berawan diperkirakan terjadi di Denpasar, Serang, Gorontalo, Jambi, Tarakan, dan Kota Jayapura saat siang hari.

Hanya Jakarta yang siang hari diperkirakan mengalami cuaca cerah.

Lebih lanjut BMKG memprediksi bahwa hujan berintensitas ringan bakal hadir di Banda Aceh, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Kupang, Manokwari, serta Kendari di siang hari.

Baca juga: BMKG prakirakan lima kabupaten di Kaltim hujan petir Selasa-Rabu

Cuaca di Bandung, Surabaya, Pontianak, dan Medan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Hujan lebat yang disertai kilat dan petir pada siang hari berpotensi terjadi di Banjarmasin, Pangkal Pinang, Ambon, Mataram, dan Makassar.

Pada malam hari, cuaca berawan akan terjadi di Banda Aceh, Serang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Manokwari, dan Kendari.

BMKG menyatakan suhu di sejumlah daerah itu akan mencapai 18-33 derajat Celcius, dengan tingkat kelembaban 55-100 persen.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau semua pihak terus waspada terhadap cuaca ekstrem karena potensi terjadinya bencana hidrometeorologi diperkirakan secara merata. Puncak musim hujan akan terjadi pada Desember mendatang.
Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menuturkan bahwa distribusi cuaca utamanya awan hujan dalam satu minggu terakhir yang dimulai sejak 21-26 November 2022 terus berpindah secara bolak-balik dari Sumatra hingga Papua.

“Ini memberikan gambaran bagi kita bahwa secara normal, secara monsun atau secara musiman kita akan masuk di musim hujan. Artinya puncak musim hujan di Indonesia itu dari Desember sampai Februari,” ujarnya.

Meski puncaknya baru terjadi pada bulan Desember, hujan yang selama dua bulan terakhir nampak turun lebih deras dan cepat disebabkan antara lain Indian Ocean Dipole (IOD) ataupun indeks minor yang negatif.

Hal tersebut menyebabkan awan yang mengonveksi hujan, menjadi lebih tebal dan memperkuat intensitas turunnya hujan di seluruh kawasan Indonesia dengan fluktuasi yang hampir merata.

“Sehingga kita di bulan Desember ini kita masih harus terus waspada dengan potensi hujan intensitas tinggi dan potensi bencana ikutannya dari aspek hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor,” ucapnya.*

Jenis-Jenis Berita

Dalam literatur juralistik dikenal beberapa jenis berita sebagai berikut:
1. Berita Langsung (Straight News)

Berita langsung adalah berita tentang suatu peristiwa yang dilaporkan secara langsung, to the point, dan biasanya menyangkut peristiwa penting yang harus segera diketahui publik. Contohnya berita cuaca dari BMKG di atas.
Ada tiga jenis berita langsung:

  1. Matter of Fact News — berita yang menonjolkan fakta utama suatu peristiwa. Misalnya, berita bencana alam, kecelakaan lalu-lintas, hujan es.
  2. Action News — berita yang mengisahkan tentang perbuatan atau tindakan yang terjadi dalam sebuah peristiwa. Misalnya, pencurian, penangkapan koruptor, seminar, peresmian. 
  3. Quote News — berita yang penyajiannya disertai dengan kutipan pembicaraan atau wawancara dengan para pelaku peristiwa. Quotes news disebut juga berita opini (opinion news) karena berisi pendapat, pemikiran, analisis, atau pernyataan narasumber.

2. Berita Mendalam (Dept News Report)

Berita mendalam merupakan berita yang ditulis secara mendalam dan lengkap dengan tujuan pembaca dapat memahami dan mengetahui permasalahan yang diberitakan dengan baik dari berbagai sudut pandang. Selain itu, pembaca dapat memperoleh keterangan dan mengungkap fakta-fakta yang masih tersembunyi.

3. Berita Menyeluruh (Comprehensive News Report)

Berita menyeluruh merupakan berita tentang fakta yang bersifat menyeluruh ditinjau dari berbagai aspek.

4. Berita Pelaporan Interpretatif (Interpretative News Report)

Berita Pelaporan Interpretatif merupakan berita yang lebih memfokuskan pada sebuah isu, masalah, atau peristiwa yang bersifat fakta dan kontroversial.

5. Berita Pelaporan Cerita Khas (Feature Story Report).

Berita Pelaporan Cerita Khas merupakan berita ringan yang mendalam, menghibur, enak untuk disimak, dan biasanya menggunakan teknik “pengisahan sebuah cerita”.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis berita beserta penjelasannya di laman jurnal.staiba.ac.id.
1. Straight News Report
Straight news report adalah laporan langsung mengenai suatu peristiwa. Biasanya, jenis berita ini ditulis dengan unsur-unsur yang dimulai dari what (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), dan how (bagaimana) (5W + 1H). Misalnya pemberitaan tentang sebuah kecelakaan lalu lintas.
Ditulis dengan gaya memaparkan peristiwa dalam keadaan apa adanya, tanpa ditambah dengan penjelasan, apalagi interpretasi. Berita langsung dibagi menjadi dua jenis, yakni berita keras atau hangat (hard news) dan berita lembut atau ringan (soft news).
2. Depth News Report
Depth news report sedikit berbeda dengan straight news report. Depth news report merupakan pengembangan dari berita yang sudah muncul, dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan.
Reporter menghimpun informasi dengan fakta-fakta mengenai peristiwa itu sendiri sebagai informasi tambahan. Jenis laporan ini memerlukan penggalian informasi secara mendalam dan bukan opini reporter.
Pendalaman dilakukan dengan mencari informasi tambahan dari narasumber atau berita terkait.
3. Comprehensive news report
Comprehensive news report merupakan laporan tentang fakta yang bersifat menyeluruh ditinjau dari berbagai aspek. Berita menyeluruh mencoba menggabungkan berbagai serpihan fakta itu dalam satu bangunan cerita peristiwa sehingga benang merahnya terlihat dengan jelas.
4. Interpretative report
Berita interpretatif adalah berita yang dikembangkan dengan komentar atau penilaian wartawan atau narasumber yang kompeten atas berita yang muncul sebelumnya sehingga merupakan gabungan antara fakta dan interpretasi.
Berita intepretatif biasanya memfokuskan sebuah isu, masalah, atau peristiwa-peristiwa kontroversial.
Namun demikian, fokus laporan beritanya masih berbicara mengenai fakta yang terbukti bukan opini. Laporan interpretatif biasanya untuk menjawab pertanyaan ‘mengapa’. Berawal dari informasi yang dirasakan kurang jelas atau tidak lengkap arti dan maksudnya.
5. Feature story
Dalam berita berbentuk feature, reporter mencari fakta untuk menarik perhatian pembacanya, tidak hanya menyajikan informasi. Feature adalah jenis berita yang sifatnya ringan dan menghibur.
Feature menjadi bagian dari pemenuhan fungsi menghibur (entertainment) sebuah surat kabar. Penulis feature menyajikan suatu pengalaman pembaca yang lebih bergantung pada gaya (style) penulisan dan humor daripada pentingnya informasi yang disajikan.
Feature merupakan sebuah karangan khas yang menuturkan fakta, peristiwa, atau proses disertai penjelasan riwayat terjadi, duduk perkara, proses pembentukan, dan cara kerjanya. Sebuah feature umumnya mengedepankan unsur why dan how sebuah peristiwa.
6. Investigative reporting
Berita penyelidikan (investigative news) adalah berita yang diperoleh dan dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber. Investigative reporting berisikan hal-hal yang tidak jauh berbeda dengan laporan interpretatif.
Dalam laporan investigasi, para wartawan melakukan penyelidikan untuk memperoleh fakta yang tersembunyi demi tujuan.
Disebut pula penggalian karena wartawan menggali informasi dari berbagai pihak bahkan melakukan penyelidikan langsung ke lapangan, bermula dari data mentah atau berita singkat.
Umumnya berita investigasi disajikan dalam format tulisan feature.
7. Opinion News
Opinion news merupakan berita pendapat atau opini yang berisikan laporan pandangan seseorang mengenai suatu hal, ide kreatif, pemikiran atau komentar terhadap sesuatu yang penting.
Jenis berita opini ini biasanya berasal atau bersumber dari para ahli, cendikiawan, profesor, atau pejabat mengenai suatu masalah atau peristiwa.
Contoh dari opinion news misalnya adalah pendapat dari pengamat ekonomi mengenai turunnya harga rupiah di dunia.
Selain jenis-jenis berita di atas, dikenal pula jenis-jenis berita lainnya, antara lain:
  1. Berita singkat (spot news), yaitu berita atau laporan peristiwa yang sedang terjadi secara langsung atau siaran langsung.
  2. Berita bohong (libel), yaitu berita yang tidak benar atau tidak faktual sehingga menjurus pada kasus pencemaran nama baik.
  3. Berita foto, yaitu laporan peristiwa yang ditampilkan dalam bentuk foto lepas, tidak ada kaitan dengan tulisan yang ada di sekelilingnya
  4. Berita kilat (news flash), yaitu berita yang penting segera diketahui publik, dimuat di halaman depan surat kabar.
  5. Berita pembuka halaman (opening news), yaitu berita atau tulisan yang ditempatkan di bagian awal atau paling atas halaman surat kabar, semacam berita utama (headline).
Demikian pengertian berita secara bahasa, istilah, dan jenis-jenisnya.*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *