Ragam  

Kenalkan Musik pada Anak Sejak Dini, Ini Cara yang Bisa Mom’s Lakukan!

Komunikasi Praktis

Kenalkan Musik pada Anak Sejak Dini, Ini Cara yang Bisa Mom’s Lakukan!

Sumber: pinterest.com

Apakah mom’s sudah mengenalkan musik pada sang buah hati? Musik bukan cuma sebagai media hiburan saja. Tapi juga bisa menjadi salah satu media pembelajaran anak sejak dini bahkan bisa memberikan manfaat baik seumur hidup. 

Ini karena musik mempunyai banyak manfaat baik untuk kita. Musik jelas dapat mempengaruhi kemampuan seseorang, mengasah sensitivitas, meningkatkan fokus secara signifikan hingga bikin balita semakin lancar dalam membaca dan bicara.

Untuk mendapatkan manfaat baik dari musik, mulai dari sekarang yuk kenalkan musik pada anak sejak dini dengan menerapkan cara sederhana berikut. 

1. Nyanyikan Lagu Pengantar Tidur

Nyanyikan Lagu Pengantar Tidur

Jangankan seorang balita, orang dewasa terkadang juga suka merasa ngantuk ketika mendengarkan nyanyian lagu seorang ibu kepada anaknya. Ini ternyata, nada lagu lullaby atau pengantar tidur sengaja dibuat untuk membantu seseorang tertidur cepat dan lelap. 

Nah, sebelum tidur mom’s bisa nih menyanyikan sang buah hati lagu pengantar tidur agar si kecil dapat tertidur dengan nyenyak sekaligus memperkenalkan lagu pada anak. 

2. Berikan Anak Buku Bersuara

Mom’s bisa menggunakan buku yang dipadukan dengan elemen musik serta visual sebagai media untuk mengenalkan musik kepada anak. 

Mengingat anak usia dini sangat tertarik dengan gambar ilustrasi dan benda yang ada musiknya, sehingga cocok banget buat mengenalkan musik pada anak dengan buku yang bersuara. 

Supaya lebih efektif, kamu bisa memberikannya sebuah buku dengan musik yang mudah diikuti oleh si kecil. Atau moms bisa membacakan buku cerita dan ikut bernyanyi dengan anak. Banyak berbagai buku yang dilengkapi dengan musik yang bisa kamu jumpai di pasaran. 

3. Ajak Anak Menonton Film Edukasional

Ajak Anak Menonton Film Edukasional

Untuk memperkenalkan musik pada anak, moms bisa mengajak sang buah hati untuk menonton video atau film edukasional. Salah satu film yang cocok banget buat mengenalkan musik kepada si kecil adalah film Dora The Explorer. 

Film ini berkisah seorang gadis yang menjelajahi suatu tempat dan mengajak para penontonnya untuk berbicara dan bernyanyi bersama. Saat si kecil menonton film semacam Dora The Explorer, si kecil bisa mengenal banyak macam elemen musik, belajar literasi,  dan melatih memorinya. 

4. Berikan Alat Musik Sederhana

Berikan Alat Musik Sederhana

Kalau kamu ingin mengenalkan anak sebuah instrumen musik, berikan ia alat musik yang sederhana. Anak usia dini biasanya menyukai instrumen yang dapat mengeluarkan suara saat digoyangkan, misalnya seperti tongkat, tamborin, rattles atau lonceng. 

Saat anak sudah dapat mengkoordinasikan anggota tubuhnya, kamu bisa memberikan si kecil instrumen pukul seperti simbal atau drum. Stimulasi buat memainkan alat musik memang perlu dilakukan, namun jangan terlalu memaksakan anak. Yang penting lingkungan nuansa musiknya kental, sehingga kamu sudah memberikan asupan jiwa musik kepada anak.

5. Jadikan sebagai Rutinitas Anak Sehari-Hari

Jadikan sebagai Rutinitas Anak Sehari-Hari

Moms gak perlu bikin jadwal khusus untuk memperkenalkan musik pada anak. Jadikanlah hal ini sebagai rutinitas anak sehari-hari. Kamu bisa memberikan instrumen musik Kalimba atau lagu favorit anak sebagai suara latar ketika si kecil sedang beraktivitas. 

Selain itu, kamu juga bisa menuntun dia untuk bermain alat musik. Tuntun dia untuk memainkan alat musik. Saat kamu menyambungkan musik dengan kegiatan yang dilakukan si kecil, maka secara otomatis alam bawah sadarnya bakal terbentuk berdasarkan lagu yang dia dengar. 

Gimana, mudah diterapkan bukan? Jangan lupa untuk selalu terlibat dalam mengenalkan musik pada anak ya, moms.*

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *