Jenis-Jenis Laptop Komputer

Komunikasi Praktis
Jenis-Jenis Laptop Komputer

Di postingan sebelumnya sudah dibahas pengertian laptop dan sejarahnya. Kali ini kita bahas jenis-jenis laptop sebagai bagian dari produk teknologi informasi dan komunikasi.

Laptop merupakan juga bagian dari produk sekaligus media digital. Komputer jinjing atau portable computer ini pun bagian dari perangkat elektronik (electronic devices). 

Pada dasarnya laptop merupakan versi kecil dari sebuah komputer dan memiliki fungsi yang sama dengan komputer. Perbedaannya terletak pada ukurannya yang lebih kecil dam ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Jenis-Jenis Laptop

Berikut ini jenis-jenis laptop

1. Notebook

Secara bahasa Notebook artinya buku catatan. Istilah ini disematkan pada laptop karena laptop memang mirip buku catatan, dalam hal ini buku catatan elektronik.

Jenis laptop ini biasanya memiliki layar sebesar 12-17 inci. Ciri dari laptop jenis ini yaitu terletak pada prosesor yang dipakai, seperti intel core i5, i3, dan core 2 duo, memori RAM min 2 GB, memiliki keyboard yang berukuran penuh, serta memiliki drive untuk membaca DVD.

Notebook adalah istilah umum untuk komputer laptop yang menyeimbangkan antara portabilitas dan fungsionalitas.

Ini dapat sangat bervariasi dalam ukuran dan spesifikasi keseluruhan – kecepatan prosesor, kapasitas penyimpanan, memori (RAM) dan ukuran layar.

Harganya berkisar dari model anggaran berbiaya rendah hingga model produktivitas dan permainan berkinerja tinggi.

2. Netbook

Netbook –dari “internet” dan “book”– adalah laptop atau notebook ukuran lebih kecil. Netbook memiliki ukuran 10-12 inci. 

Selain itu, netbook juga memakai prosesor intel atom. Netbook memiliki berat kurang lebih 1 kg.
Netbook adalah nama kelas komputer laptop kecil yang dirancang untuk komputasi yang terhubung ke internet (makanya dinamakan “netbook”). 
Jenis laptop kecil ini selama beberapa tahun sangat populer karena harganya relatif murah, tetapi untungnya laptop ini juga lambat dan pemotongan biaya terlihat dalam banyak hal, terutama dalam RAM rendah, kecepatan CPU, dan penyimpanan. 
Mereka menggunakan prosesor Intel Atom bertenaga rendah dari Intel. Saat ini Anda akan menemukan pengganti yang lebih mumpuni di tablet, Ultrabook, dan ultraportabel, khususnya Chromebook.

3. Tablet

Tablet juga jenis laptop, bagian dari komputer, mengingat fungsinya yang sama. Tablet juga merupakan HP ukuran besar.

Laptop jenis ini jauh lebih portable apabila dibandingkan dengan jenis laptop lainya, laptop jenis ini memiliki layar sentuh serta mudah di bawa kemana-mana. Pada tahun 2010 laptop jenis tablet pc menjadi terkenal dan banyak peminatnya.

Sama seperti laptop konvertibel yang dapat berfungsi ganda sebagai tablet, beberapa tablet dapat digunakan sebagai laptop dengan tambahan keyboard yang dapat dilepas. 

Yang paling menonjol untuk ini adalah tablet berbasis Windows, seperti seri Surface Pro milik Microsoft dan Surface Go yang lebih kecil, yang sangat diuntungkan dari memiliki keyboard karena mereka menggunakan sistem operasi Windows. Namun, tidak seperti 2-in-1, mereka dapat dengan cepat digunakan dalam mode tablet tanpa tambahan berat dan volume keyboard.

Tablet seperti iPad dan iPad Pro juga memiliki keyboard opsional yang dapat dilepas dan dapat digunakan sebagai laptop, meskipun menggunakan sistem operasi iPadOS Apple dan bekerja paling baik dengan aplikasi yang mendukung fungsionalitas laptop. 

Samsung juga memiliki beberapa tablet yang dapat menambahkan keyboard opsional untuk berfungsi sebagai laptop, baik menggunakan OS Windows atau Android tergantung modelnya.

4. Chromebook

Chromebook adalah laptop yang menjalankan sistem operasi ChromeOS (yang berbasis Linux). Jenis laptop ini dirancang untuk bekerja terutama dengan aplikasi web dan data disimpan ke Cloud daripada di laptop itu sendiri, dan biasanya memiliki penyimpanan internal yang relatif kecil. 

Aplikasi harus diunduh dari Toko Web Chrome. Chromebook model terbaru juga dapat menjalankan aplikasi Android.

Chromebook populer di beberapa sekolah, dan bahkan grup perusahaan, karena tersedia banyak model yang lebih murah dan konfigurasi minimalnya menawarkan administrasi dan keamanan terpusat yang lebih mudah.

5. MacBook

Macbook adalah laptop dari Apple.. Ia hadir dalam dua keluarga – MacBook Air 13 inci ultra tipis, dan MacBook Pro dalam ukuran 13 inci, 14 inci, dan 16 inci). Mereka semua menjalankan sistem operasi macOS.

Versi terbaru MacBook telah meninggalkan platform Intel dan sekarang berjalan di chipset buatan Apple sendiri, yang secara kolektif disebut “Apple Silicon”, yang secara bertahap menggantikan chipset Intel di komputer Apple. Ini termasuk chipset M1, M1 Pro, M1 Max dan M2 yang mengintegrasikan semuanya dalam satu chip (disebut SOC, atau sistem pada chip). 
Hal ini memberi Apple kendali penuh atas integrasi perangkat keras dan perangkat lunak yang ketat, yang menghasilkan peningkatan signifikan dalam kecepatan dan masa pakai baterai.
MacBook adalah seri komputer jinjing Macintosh yang dibuat oleh Apple Inc. dari awal tahun 2006 hingga akhir tahun 2011. MacBook diperkenalkan pada bulan Mei 2006, menggantikan seri iBook G4 dan PowerBook 12-inci, sekaligus sebagai bagian transisi Apple dari prosesor PowerPC ke Intel.
Macbook dengan MacOs nya lebih mengutamakan pengalaman pengguna dengan orientasi multimedia dan eleganitas pengguna office tools. Berbeda dengan Mac Os, Laptop dapat menggunakan OS lebih Universal. Laptop dirancang untuk dapat menjalankan Sistem Operasi Linux maupun Windows.
Demkian jenis-jenis laptop. (Sumber)

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *