Jenis-Jenis Berita

Komunikasi Praktis
Jenis-Jenis Berita
Berita (news) merupakan produk utama jurnalistik dan sajian utama media massa. Berikut ini jenis-jenis berita atau macam-macam berita di media massa, baik media cetak, media penyiaran, maupun media online (media siber).

    Sebelum membahas jenis-jenis berita, kita bahas dulu sekilas pengertian berita yang merupakan bagian dari komunikasi massa.

    Pengertian Berita

    Berita adalah laporan peristiwa terkini dan penting bagi pembaca. Menurut Laurence R Campbell dan Rolland E Wolseley dalam How To Report and Write The News (1961), berita adalah laporan yang baru tentang peristiwa, pendapat atau masalah yang menarik perhatian sebanyak-banyaknya orang.

    Berita adalah laporan yang tepat waktu mengenai fakta, opini yang menarik. Atau penting, atau keduanya yang dibutuhkan sejumlah orang. (Mitchell V Charnley, Reporting, edisi ke III, Holt-Rinehart and Winston, New York, 1975).

    Berita adalah laporan yang tepat waktu mengenai segala sesuatu yang menarik perhatian orang dan berita yang terbaik adalah yang menarik sebagian besar pembaca. (Charles A. Dana, dikutip dari F Fraser Bond, An Introduction to journalism, 1954).

    Sebuah berita mengandung unsur 5W1H tentang sebuah peristiwa yang bernilai jurnalistik (aktual, faktual, penting, dan menarik). Berita disajikan dalam struktur judul, teras, dan isi berita (news body).
    Jenis-Jenis Berita

    Jenis-jenis Berita

    Berikut ini Jenis-Jenis Berita yang biasa disajikan sebuah media.

    1. Straight News

    Straight news adalah berita yang ditulis secara ringkas, lugas, dan apa adanya berisi peristiwa penting yang harus segera diketahui pembaca. 
    Straight news –disebut juga berita langsung– biasanya memuat informasi terkini tentang peristiwa yang sedang hangat, aktual, dan penting. Straight news bertujuan untuk mengabarkan. 
    Straight news biasanya ditempatkan di halaman depan surat kabar atau menjadi berita utama di televisi dan media online. 
    Straight news sendiri terbagi menjadi dua yakni hard news dan soft news.

    2. Hard News

    Hard news merupakan bagian dari straight news. Hard news merupakan berita yang biasanya berisi informasi aktual sebuah peristiwa yang menyangkut politik, kriminalitas, kebijakan pemerintah, bencana, dan kejadian penting lain yang harus segera diketahui pembaca.

    3. Soft News

    Soft news juga merupakan bagian dari straight news. Soft news menyajikan berita yang sifatnya ringan dan nilai beritanya berada di bawah nilai berita yang dimiliki hard news. 
    Soft news biasanya berupa berita pendukung dari berita utama, atau berita-berita yang tidak bersifat serius dan menegangkan. 
    Berita soft news misalnya berita tentang keramaian di tempat-tempat wisata pada masa liburan, pertunjukan musik, kabar selebritas, dan dunia hiburan lainnya.

    4. Interpretative News

    Interpretative news merupakan pengembangan dari straight news. Interpretative news merupakan berita langsung yang dilengkapi dengan tambahan informasi seperti pendapat atau penelitian. 
    Informasi tambahan tersebut bisa berupa data-data yang terkait, latar belakang peristiwa, atau hasil wawancara dengan pengamat, atau ahli. 
    Namun pengembangan berita jenis ini lebih menekankan kepada fakta daripada opini. Contoh berita jenis ini misalnya dampak covid-19 terhadap ekonomi dan pendidikan.

    5. Depth News

    Depth news atau berita mendalam menyajikan berita yang berisi ulasan mendalam mengenai suatu peristiwa. 
    Berita jenis ini lebih menonjolkan informasi mengenai ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’ sebuah peristiwa terjadi. Mengapa terjadi, apa penyebabnya, bagaimana prosesnya, bagaimana dampaknya, apa yang harus dilakukan untuk kedepannya.
    Tidak seperti straight news yang ringkas, berita jenis ini seringkali lebih panjang sebab mengungkapkan informasi secara lengkap. 
    Disebut juga indepth news, jenis berita ini dikembangkan dari berita yang sudah ada. Berita ini biasanya membahas suatu peristiwa atau kejadian dari perspektif tertentu. Indepth news menggali sisi mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa terjadi. 
    Di dalam indepth biasanya ada opini atau perspektif dari pakar ataupun ahli. Indepth news bertujuan untuk memberi pencerahan.

    6. Investigation News

    Investigation news atau berita investigasi merupakan berita yang ditulis berdasarkan hasil penyelidikan yang secara khusus dilakukan pada suatu peristiwa atau isu (masalah).
    Berita investigasi biasanya bertujuan membuka tabir atau untuk membongkar tindakan penyelewengan yang merugikan kepentingan publik, membongkar suatu jaringan kriminalitas, dll.
    Investigation news berupaya untuk mengungkapkan hal-hal tersembunyi dibalik suatu kejadian, sehingga seringkali dalam melakukan penelusuran informasi dan penylidikan untuk berita ini, jurnalis harus bertindak seperti intel dan bisa jadi mempertaruhkan nyawanya. 
    Contoh berita investigation news misalnya berita mengenai pembakaran hutan yang ternyata di dalangi perusahaan – perusahaan besar dengan tujuan tertentu.

    7. Opinion News

    Opinion news atau berita opini adalah berita yang berisi pendapat atau penilaian tentang suatu peristiwa hangat yang sedang terjadi. 
    Berita ini biasanya bersumber dari pendapat pengamat atau ahli mengenai isu, masalah, atau peristiwa yang diangka tersebut. 
    Selain pengamat, sumbet opini juga dapat diambil dari pendapat yang diutarakan oleh mahasiswa ataupun masyarakat umum. Contoh berita opini misalnya berita mengenai komentar pengamat mengenai dampak kebijakan pemerintah mengenai para buruh terhadap kesejahteraan para buruh di Indonesia.

    8. Comprehensive News

    Comprehensive news merupakan berita yang berisi laporan mengenai fakta dari suatu peristiwa yang ditinjau secara menyeluruh. 
    Tidak seperti berita langsung yang biasanya merupakan serpihan fakta perhari dan tidak memperhatikan keterkaitan berita tersebut dengan berita lain; berita komprehensif meninjau fakta dari berbagai aspek.
    Berita komprehensif berusaha menggabungkan  berbagai serpihan fakta tersebut menjadi suatu bangunan cerita peristiwa dengan benang merah yang terlihat jelas. Contoh jenis berita komprehensif misalnya mengenai terorisme di Indonesia, penyebarannya, tujuannya, dan segala aspek yang menyangkut didalamnya.

    9. Feature News

    Feature news adalah jenis berita yang penyajiannya menggunakan gaya bertutur atau bercerita (story telling) mirip cerita pendek (cerpen) dengan menggunakan gaya penulisan karya sastra.
    Disebut juga feature story, jenis berita feature news biasanya menjadi sajian utama majalah atau tabloid mingguan.
    Demikian jenis-jenis berita yang dikenal di dunia jurnalistik atau media massa. Macam-macam berita itu adalah straight news, hard news, soft news, depth news, investigation news, comperehensive news, interpretative news, opinion news, dan feature news.*

    Tulis Komentar

    Your email address will not be published. Required fields are marked *