Fungsi Email Profesional dan Manfaat Penggunaannya dalam Bisnis Online

Komunikasi Praktis
Fungsi Email Profesional dan Manfaat Penggunaannya dalam Bisnis Online

Dalam sebuah bisnis, strategi pemasaran menjadi salah satu proses yang harus terus diusahakan. Beberapa platform marketing seperti website, media sosial, hingga email menjadi media yang terbukti bisa diandalkan untuk menginformasikan berbagai macam update produk kepada para pelanggan. Walau begitu, efektif atau tidaknya tentu tergantung pada cara pengelolaan platform-platform tersebut.

Penggunaan email, misalnya. Jenis email yang dipakai juga perlu disesuaikan dengan kebutuhannya. Sehingga jika konteksnya untuk keperluan bisnis, email profesional jelas lebih sesuai untuk digunakan. Salah satunya dengan memanfaatkan email hosting Domainesia yang dapat dibuat pada layanan hosting untuk website bisnis.

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai fungsi dan cara kerjanya, sebaiknya pahami terlebih dulu mengenai apa itu email profesional yang biasa digunakan pada sebuah bisnis.

Email Profesional: Pengertian dan Fungsinya

Email, sebagai salah satu piranti komunikasi, adalah sebuah platform surat-menyurat berbentuk digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai perantaranya. Pengiriman email bisa dilakukan melalui perangkat digital seperti komputer, laptop, maupun smartphone. Data yang dapat dikirimkan pun tidak terbatas pada teks saja, tetapi juga bisa berupa gambar dan video.

Pada sebuah bisnis online, email biasa digunakan sebagai media yang membantu para pelanggan untuk menyampaikan pertanyaan maupun terkait produk yang mereka beli. Maka penting bagi sebuah bisnis untuk menggunakan email profesional yang disesuaikan dengan nama brand.

Penggunaan email profesional akan membantu dalam peningkatan branding sebuah bisnis. Jika alamatnya sama dengan nama domain website bisnis, maka email yang digunakan akan mudah dihafal oleh para pelanggan. Pahami juga apa itu website

Manfaat Email Profesional untuk Bisnis Online

Untuk mereka yang baru saja merintis bisnis, email biasa lumrah digunakan sebagai media komunikasi dengan calon pelanggan. Namun seiring perkembangan bisnis, ada baiknya untuk mempertimbangkan penggunaan email profesional.

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, email profesional dapat membantu meningkatkan brand awareness sebuah bisnis online. Ada juga beberapa manfaat lain dari penggunaan email profesional dalam bisnis. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Sarana publikasi produk terbaru

Secara fungsi, email bisa menjadi media untuk membantu publikasi informasi yang lebih lengkap dan personal. Begitu juga email profesional yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan update dalam bentuk newsletter yang pengirimannya dapat di-setting secara berkala.

Melalui newsletter, para pemilik bisnis bisa menginfokan produk-produk terbaru, diskon atau campaign promo yang sedang berlangsung, maupun informasi-informasi penting lain yang harus diketahui oleh para pelanggannya. Dari sini, newsletter yang dikirim menggunakan email profesional pun dapat digunakan untuk membantu meningkatkan konversi penjualan.

2. Membantu memperkenalkan brand

Branding adalah salah satu langkah krusial, yang tidak hanya dilakukan di awal pembuatan bisnis, tapi juga harus diusahakan secara berkala oleh para pebisnis. Upaya branding ini bisa dieksekusi dengan mengirimkan email perkenalan brand melalui email profesional untuk para pelanggan yang baru pertama kali membeli produk atau subscribe newsletter.

Di dalam email perkenalan tersebut, Anda bisa jelaskan cerita di balik pembuatan bisnis dan solusi apa yang ingin diberikan melalui bisnis tersebut. Anda pun bisa menambahkan produk-produk apa saja yang banyak diminati para pelanggan dan yang Anda rekomendasikan kepada calon pelanggan.

3. Lebih kredibel dan terpercaya

Berbeda dengan email biasa, email profesional dapat membuat calon pelanggan memberikan kepercayaan lebih kepada bisnis Anda. Kesan profesional juga tidak bisa dengan mudah didapatkan apabila menggunakan email biasa yang terlihat spammy apabila digunakan untuk kebutuhan pengiriman newsletter. Sehingga untuk kebutuhan promosi, sebaiknya gunakan email profesional yang terbukti lebih kredibel di mata pelanggan.

4. Memudahkan kolaborasi antar brand

Dalam pengembangan sebuah bisnis, terbuka lebar kemungkinan untuk menjalani kolaborasi dengan brand-brand lain yang bisa membantu meningkatkan jumlah pelanggan dan pembelian. Penggunaan email profesional tentu akan memudahkan jalan menuju kolaborasi tersebut karena kredibilitas email yang sudah terbukti dari brand awareness yang sudah dibangun.

5. Backup data pelanggan lebih efektif

Selain kredibilitas, email profesional yang berbayar biasanya dilengkapi dengan fitur backup data dari layanan email hosting yang digunakan. Fitur ini tentu dapat secara efektif membantu para pemilik bisnis untuk menyimpan data apapun terkait pelanggan. Data yang dibackup pada email pun dapat sewaktu-waktu dimanfaatkan untuk kebutuhan promosi atau kolaborasi.

Kesimpulan

Email profesional merupakan sarana komunikasi yang efektif untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis. Selain untuk keperluan komunikasi, email profesional pun dapat digunakan sebagai media promosi yang efektif melalui newsletter yang dikirim secara berkala. Gunakan email profesional dan memanfaatkan layanan email hosting DomaiNesia untuk membuat email sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *