Cara Menulis Berita – Tips untuk Pemula

Cara menulis berita jurnalistik itu mudah. Awali saja dengan menuliskan nama pelaku atau subjek.

Berita (news) adalah informasi tentang peristiwa terbaru. Berita merupakan karya utama jurnalistik. Cara menulis berita merupakan jurnalistik dasar yang wajib  dikuasai para wartawan atau jurnalis. Berikut ini cara menulis berita sebagai tips untuk pemula.

Cara Menulis Berita

Pengertian Berita

Sebelum ke bahasan tentang cara menulis berita, sekilas kita pahami dulu apa itu berita.

Berita adalah informasi tentang peristiwa atau kejadian terkini yang disampaikan kepada publik melalui media massa –suratkabar, tabloid, majalah, radio, televisi, dan situs web berita atau media online.

Biasanya, berita mencakup berbagai topik, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, olahraga, dan lain-lain. Tujuan utama dari berita adalah memberikan pemahaman yang akurat tentang apa yang terjadi di dunia kepada pembacanya.

Berita juga biasanya disajikan secara objektif, mengikuti standar jurnalisme untuk memastikan kebenaran dan keseimbangan dalam laporan.

Cara cepat menulis berita

Berikut ini cara cepat menulis berita. Jenis berita yang umum disajikan media adalah berita langsung (straight news). Jenis berita inilah yang kita maksudnya dalam tips jurnalistik dasar ini.

Karena berita merupakan informasi tentang sebuah peristiwa, maka pilih atau temukan dulu kejadiannya dan data atau faktanya secara detail. Semua kejadian mengandung enam unsur yang dikenal dengan istilah 5W1H:

  1. WHAT. Apa yang terjadi.
  2. WHO. Siapa yang terlibat –pelaku, korban, saksi, dll.
  3. WHEN. Kapan kejadiannya. Unsur waktu.
  4. WHERE. Di mana kejadiannya. Unsur tempat atau lokasi kejadian.
  5. WHY. Kenapa terjadi. Unsur penyebab, latar belakang, motif, atau tujuan.
  6. HOW. Bagaimana kejadiannya. Proses atau kronologi peristiwa.

Jika sudah didapatkan keenam unsur tersebut, baik melalui observasi (pengamatan di lokasi kejadian) maupun melalui wawancara, maka berikutnya adalah menulis beritanya.

Caranya: awali saja dengan menuliskan nama pelaku (subjek). Subjek ini bisa nama orang, nama lembaga, organisasi, instansi, atau binatang. Pokoknya pelaku lah….!

Contoh:

  • Seorang warga Bandung, Asep Surasep, menegur polisi yang diam saja ketika ada pelanggaran oleh sopir angkot
  • Sopir angkot melanggar peraturan lalu-lintas.
  • Polisi membiarkan pelanggaran lalu-lintas oleh sopir angkot.
  • Ormas menggelar aksi demonstrasi di depan kantor instansi.

Informasi dalam tulisan berita harus lengkap dan berdasarkan fakta yang dapat diverifikasi atau benar-benar terjadi. Penulis berita atau wartawan harus melakukan pengecekan untuk memastikan kebenarannya.

Selain itu, berita harus ditulis secara objektif, tanpa penambahan opini pribadi atau prasangka. Jurnalis harus tetap netral dan menghindari kecenderungan untuk mempengaruhi opini pembaca.

Teksn berita juga harus ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Gaya bahasa yang digunakan ringkas dan lugas agar informasi dapat tersampaikan dengan jelas.

Struktur Berita

Teks berita memiliki struktur yang teratur. Naskah berita dimulai dari judul (headline), lead (pembuka), tubuh teks, kutipan (quote), dan penutup (closing).

1. Judul (Headline)

Judul merupakan bagian paling atas dan paling menonjol dari naskah berita. Biasanya ditulis dengan huruf besar dan berfungsi untuk menarik perhatian pembaca serta memberikan gambaran singkat tentang topik berita.

2. Lead (Pembuka Berita)

Lead adalah bagian pertama dalam teks berita yang berisi informasi utama dan penting. Biasanya, lead harus mampu menjawab pertanyaan 5W1H (what, who, when, where, why, how) agar pembaca langsung mendapatkan gambaran lengkap tentang peristiwa yang dibahas.

3. Tubuh Berita (News Body)

Tubuh berita berisi informasi lebih rinci tentang peristiwa atau topik yang dilaporkan. Informasi disusun secara menurun berdasarkan tingkat kepentingan.

Paragraf pertama dalam tubuh teks biasanya berisi poin-poin utama, dan setiap paragraf berikutnya mengembangkan informasi lebih lanjut.

4. Kutipan (Quote)

Kutipan adalah ucapan langsung dari sumber terkait, seperti tokoh penting atau ahli, yang menambah nilai kredibilitas berita. Kutipan digunakan untuk memberikan pandangan atau pendapat dari para pihak terkait.

5. Penutup (Closing)

Penutup berita memberikan ringkasan singkat tentang berita dan dapat berisi keterangan tambahan, atau arahan bagi pembaca untuk mencari informasi lebih lanjut.

6. Sumber (Source)

Di bagian akhir teks berita, seringkali terdapat keterangan tentang sumber informasi atau wawancara yang digunakan dalam pembuatan berita. Hal ini untuk memberikan transparansi dan kredibilitas pada berita yang disajikan.

Contoh Berita

Saber Pungli Jabar Gulung 4 Juru Parkir Liar di Masjid Al-Jabbar

BANDUNG – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar Jawa Barat (Saber Pungli Jabar) mengamankan sejumlah juru parkir liar pelaku pungli di Masjid Al-Jabbar, Kota Bandung, Senin (15/4/2024).

Dari tangan para pelaku, polisi menyita uang tunai Rp1.400.000.

”Kami telah menindak juru parkir liar di di area parkir Masjid Al-Jabar, Kelurahan Cimencrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Selanjutnya dilakukan klarifikasi terhadap empat orang dengan inisial OK, RA, RM, dan YS,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Rabu (17/4/2024).

Kombes Pol Jules Abraham Abast menyatakan, empat orang yang diperiksa itu antara lain, dua penjaga pintu masuk dan keluar serta dua juru parkir Mesjid Al-Jabar.

Tim Saber Pungli Jabar juga mengamankan uang tunai hasil pungli sebesar Rp1.400.000 dari juru parkir liar. Sedangkan, dari 2 penjaga pintu B dan C sebesar Rp89.000.

“Setelah dilakukannya penindakan, petugas satgas Saber Pungli Jabar akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan di kawasan mesjid Al Jabbar guna menghindari adanya pungutan liar yang dilakukan oleh oknum juru parkir liar di Masjid Al Jabbar Kota Bandung,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, juru parkir liar di Mesjid Al-Jabar yang diduga melakukan pungli berinisial OO, penjaga pintu masuk. Kemudian, RMA penjaga pintu masuk dari Yayasan Seal Guard, R juru parkir liar area B Masjid Al-Jabar, dan YOS, juru parkir liar di area C.

Bentuk pelanggaran, tiket parkir tidak sesuai ketentuan, hanya menggunakan kertas fotokopi dengan nomor seri sama. Tarif parkir tidak sesuai Perwal Nomor 121 tahun 2022 tentang pengelolaan parkir di luar badan jalan.

”Masyarakat saat masuk area parkir Masjid Al-Jabbar dipungut biaya parkir dan begitu juga saat keluar. Pencatatan jam masuk dan keluar parkir dilakukan secara manual tanpa menggunakan mesin cetak parkir satu pintu,” tukasnya. (Sindonews)

Tips Menulis Berita ChatGPT

Menulis berita membutuhkan beberapa langkah penting untuk memastikan bahwa informasi disampaikan dengan jelas dan akurat.

Berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa Anda ikuti:

  1. Pilih Topik yang Relevan: Tentukan topik yang ingin Anda liput. Pastikan topik tersebut relevan dan menarik bagi pembaca.
  2. Lakukan Penelitian: Kumpulkan informasi yang relevan tentang topik tersebut dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, seperti wawancara dengan saksi mata, pernyataan resmi, dan laporan terkait.
  3. Tentukan Struktur Berita: Berita umumnya memiliki struktur yang terdiri dari judul, lead, tubuh berita, dan kesimpulan. Judul harus singkat tetapi mencakup inti dari berita. Lead adalah paragraf pertama yang memberikan gambaran singkat tentang berita. Tubuh berita memperluas informasi yang diberikan dalam lead. Kesimpulan bisa berupa ringkasan singkat atau memperluas implikasi dari berita tersebut.
  4. Tulis dengan Gaya Jurnalistik: Gunakan gaya jurnalistik yang objektif, jelas, dan singkat. Hindari penggunaan kata-kata yang berlebihan atau bias.
  5. Gunakan Struktur Piramida Terbalik: Tempatkan informasi yang paling penting di bagian awal berita, dan informasi tambahan yang kurang penting di bagian akhir. Ini memungkinkan pembaca untuk mendapatkan inti dari berita dengan cepat.
  6. Cek Fakta: Pastikan informasi yang Anda sampaikan telah diverifikasi dan benar. Hindari menyebarkan informasi yang tidak terverifikasi.
  7. Edit dan Revisi: Lakukan edit dan revisi untuk memastikan kesalahan tata bahasa, ejaan, dan kesalahan faktual diperbaiki.
  8. Tambahkan Sumber: Jika Anda mengutip sumber atau informasi dari sumber eksternal, pastikan untuk memberikan kredit kepada sumber tersebut.
  9. Publikasikan Berita: Setelah Anda yakin berita sudah lengkap dan akurat, publikasikan di platform yang sesuai, seperti situs web berita, surat kabar, atau media sosial.

Ingatlah untuk tetap mengikuti prinsip-prinsip jurnalisme yang etis dan profesional dalam menulis berita. Demikian Cara Menulis Berita – Tips untuk Pemula.

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *